Januari - April 2022, BPJAMSOSTEK Denpasar Bayarkan Klaim Rp218 Miliar Lebih

Januari - April 2022, BPJAMSOSTEK Denpasar Bayarkan Klaim Rp218 Miliar Lebih

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Bali Denpasar mencatat pembayaran klaim selama Januari sampai April tahun 2022 mencapai lebih dari Rp218 miliar dengan 16.215 kasus. 

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Bali Denpasar, Opik Taupik mengatakan, beasiswa yang dibayarkan sejumlah lebih dari Rp2,2 miliar dengan total kasus 337 sepanjang tahun 2021. 

Sedangkan untuk 2022 beasiswa yang dibayarkan Rp600 Juta lebih dengan jumlah kasus 144.

"Selama pandemi Covid-19, BPJAMSOSTEK Wilayah Cabang Bali Denpasar memang mengalami peningkatan pembayaran klaim JHT, karena banyak perusahaan melakukan pengurangan tenaga kerja," ungkapnya dalam siaran pers yang diterima Kabar Dewata Selasa (31/5/2022). 

Rincian Januari sampai  dengan April 2022, BPJAMSOSTEK Cabang Bali Denpasar  telah membayarkan JHT sebanyak 11.441 klaim, dengan nilai Rp195  miliar lebih.

JKM sebanyak 326 klaim dengan nilai Rp10 miliar lebih, JKK sebanyak 1.381 klaim dengan nilai Rp9 miliar lebih.

Sedangkan JP sebanyak 3.030 klaim dengan nilai Rp3 miliar lebih dan JKP sebanyak 37 klaim dengan nilai Rp32 juta lebih.

Opik mengatakan peserta BPJAMSOSTEK, selain mendapatkan manfaat pokok (Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua,  Jaminan Pensiun dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan) keluarga yang menjadi ahli waris juga mendapat manfaat lain berupa beasiswa yang diberikan kepada anak dari peserta yang meninggal dunia.

"Beasiswa ini diberikan per tahun, untuk jenjang TK/SD Rp1,5 juta, jenjang SMP sebesar Rp2 juta, jenjang SMA sebesar Rp3 juta dan untuk jenjang perguruan tinggi sebesar Rp12 juta," jelasnya. 

"Kalau dihitung uang yang disiapkan beasiswa untuk anak pekerja itu, maksimal sebanyak Rp174 juta untuk dua orang anak pekerja yang mengalami musibah," imbuh Opik. 

Pada Tahun 2022, kata Opik Taupik BPJAMSOSTEK mengusung tema "Adaptif dan Solutif".

Adaptif telah ditunjukkan dengan menerapkan layanan daring Lapak Asik (Layanan tanpa Kontak Fisik) untuk mengakomodasi pengajuan klaim Jaminan Hari Tua (JHT), meski dalam kondisi pembatasan aktivitas ketat.

Kemudian JMO (Jamsostek Mobile) juga menjadi salah satu terobosan yang adaptif dan solutif, mengikuti tuntutan zaman dengan menawarkan berbagai kemudahan bagi para peserta.

Melalui JMO, peserta dapat mengakses layanan BPJAMSOSTEK dimanapun dan kapanpun, mulai dari pengecekan saldo JHT hingga pengajuan klaim JHT secara daring.

Sebelum ada fitur pencairan saldo JHT pada aplikasi JMO, pengajuan klaim JHT ditargetkan dapat selesai dalam kurun waktu tujuh hari kerja. 

Setelah adanya JMO, pencairan dana JHT peserta dapat dilakukan hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Opik Taufik mengemukakan, pihaknya terus mendorong agar semakin banyak sektor informal dan formal yang tidak berstatus ASN menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Opik Taufik menyampaikan Intruksi Presiden nomor 2 tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Dengan menjadi peserta maka bisa memeroleh manfaat yang luar biasa, baik itu pekerja di sektor formal maupun informal,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya rutin mensosialisasikan mengenai manfaat program BPJAMSOSTEK khususnya bagi tenaga informal agar dapat terlindungi dari berbagai risiko pekerjaannya.

Ia juga mendorong bagi pemberi kerja baik swasta maupun pemerintah daerah yang mempekerjakan tenaga non-ASN agar dapat mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta BPJAMSOSTEK.

"Dari sisi kepesertaan, di tahun ini juga kami fokus pada kepesertaan mandiri/bukan penerima upah (BPU). Selama ini masyarakat hanya tahu bahwa yang bisa menjadi peserta hanya yang bekerja di perusahaan saja. Padahal BPJAMSOSTEK telah menyiapkan program untuk kategori pekerja mandiri. Dengan manfaat yang sama, pekerja mandiri juga dapat terlindungi dari segala risiko pekerjaan yang bisa dialami oleh para pekerja,'' pungkasnya.

Admin
Author : Admin

Kabardewata.com | Media cerdas dari Bali adalah media online independen, berintegritas dan terpercaya menjadi rujukan informasi oleh pembaca.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait