Kabardewata.com

Ekonomi

Hari Pelanggan Nasional BPJS TK Serahkan Klaim 900 Jutaan

Kategori Ekonomi, September 07, 2019, Dilihat sebanyak 274 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) Bali Denpasar kembali menyerahkan klaim perdana di bulan September terhadap program Jaminan Keselamatan Kerja (JKK).

Kali ini klaim diserahkan kepada alhi waris Octavio Dunia Pareira C, yakni Irenne Ongkowidjoyo yang merupakan istrinya. Almarhum Octavio merupakan seorang Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di PT. Karma Bali Indonesia sebagai cherd de cuisine.

Octavio meninggal pada 1 Maret 2019 karena mengalami kecelakaan saat berangkat kerja. Sebagai ahli waris, Irenne menerima dua satunan yang terdiri dari Jaminan Kecelakaan Kerja Meninggal Dunia sebesar Rp967.800.000 dan Jaminan Hari Tua (JHT) sebesar Rp15.575.880.

Kepala BPJS TK Bali Denpasar Novias Dewi Santoso menjelaskan, penyerahan santunan itu berlangsung di villa Karma Kandara, Ungasan, Badung, Kamis (5/9/2019). Penyerahan disebut dirangkaikan dengan peringatan Hari Pelanggan Nasional.

"Kami yakin bahwa santunan ini tidak mampu menggantikan sosok almarhum. Namun memenuhi klaim ini merupakan kewajiban kami, kami juga turut berduka cita atas berpulangnya suami tercinta," ujarnya didampingi Kabid Pelayanan, AA Sg. Ratih Edyawati. Penyerahan itu juga disaksikan Executive Assistant Manager Karma Kandara Totok Muzon.

Pada kesempatan itu, Novias menjelaskan, pelayanan BPJS Ketenagakerjaan merupakan pelaksana jaminan sosial, yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2014. Regulasi itu mewajibkan penyedia lapangan kerja dan pekerja menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Novias menambahkan, BPJS Ketenagakerjaan menerapkan sistem keuangan subsidi silang, dimana antar peserta Penerima Upah (PU) dapat membantu peserta Bukan Penerima Upah (BPU).

Pihaknya pun mengimbau peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat memenuhi kewajiban membayar iuran sesuai program yang diikuti. Sebab jika menunggak, maka peserta tidak dapat menerima manfaat jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan. Sementara, pihak managemen PT. Karma Bali Indonesia menjelaskan seluruh pekerjanya yang berjumlah 278 orang sudah didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image