Harga Emas Terjun Bebas

Harga Emas Terjun Bebas

Harga emas dunia merosot di bawah USD 1.200 per ounce. Pemicunya adalah Dolar Amerika Serikat (AS) yang menguat dan laporan data ekonomi AS.

Melansir laman Reuters, Jumat (31/8/2018), harga emas di pasar Spot turun 0,6 persen menjadi USD 1.198,84 per ounce.

Sementara emas berjangka pada Desember ditutup turun USD 6,50, atau 0,5 persen, menjadi USD 1.205. Spot emas mencapai titik terendah dalam enam hari di posisi USD 1.195,95.

"Meskipun kami memiliki keyakinan yang cukup tinggi untuk harga yang lebih tinggi dalam jangka menengah dan panjang, kami melihat sedikit tantangan dalam jangka pendek selama dolar tetap kuat," kata analis Carsten Menke dari Julius Baer.

Indeks dolar menguat terhadap sekeranjang mata uang utama negara lain, setelah data belanja konsumen AS meningkat pada Juli. Penguatan Dolar membuat harga emas lebih mahal bagi pembeli yang menggunakan mata uang lainnya.

"Bahkan dengan semua ketegangan geopolitik dan perdagangan, kami masih melihat perusahaan mendapat perolehan laba yang baik dan yang mendukung pasar ekuitas menjadi lebih tinggi juga, dan kondisi ini menekan emas," kata Chris Gaffney, Presiden Pasar Global TIAA Bank.


Ditayangkan sebelumnya dari situs liputan6.com
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait