Di Masa New Normal Kadisnaker Gianyar Apresiasi Pelayanan Lapak Asik BPJAMSOTEK Gianyar 

Di Masa New Normal Kadisnaker Gianyar Apresiasi Pelayanan Lapak Asik BPJAMSOTEK Gianyar 

Kadisnaker  Kabupaten Gianyar A.A Dalem Jagadhita mengapresiasi Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) BPJAMSOSTEK Gianyar di era normal baru, setelah mengecek langsung sistem pelayanan itu di BPJamsostek kantor cabang Gianyar.

"Kami dari Pemerintah  Kabupaten Gianyar sangat mengapresiasi penerapan protokol kesehatan di Kantor BPJAMSOSTEK ini, sehingga dapat mencegah penularan COVID-19 khususnya di Gianyar. Dengan demikian, pelayanan terhadap masyarakat dapat tetap berjalan lancar," kata Gianyar AA Dalem Jagadhita dalam siaran pers yang diterima, Selasa.

Di sela pemantauan di Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Gianyar, Senin (6/7), ia menjelaskan pelaksanaan protokol kesehatan di BPJAMSOSTEK mulai dari pengukuran suhu tubuh, tempat cuci tangan, pemakaian masker hingga pengaturan tempat duduk sudah dilakukan, termasuk layanan dengan menggunakan teknologi informasi.

Ia mengajak semua pihak untuk bekerja sama mencegah penularan COVID-19 di Kabupaten Gianyar. "Saya harapkan untuk semua masyarakat agar tetap waspada serta mengikuti anjuran pemerintah melaksanakan protokol kesehatan mulai dari menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan, serta menjaga kebersihan," ucapnya.

AA Dalem Jagadhita pun mengapresiasi Lapak Asik yang telah dijalankan BPJAMSOSTEK sejak Mei 2020 itu.

"Dari sisi prosedur, kita bisa lihat makin efisien, pengguna layanan tidak sampai 20 menit untuk mendapatkan layanan dari BPJS tidak seperti yang dulu-dulu. Kalau manual 'kan bisa sampai berjam jam, sekarang kita lihat dari sisi prosedur hanya dengan 15 menit penggunan layanan sudah bisa memperoleh produk layanan dari BPJAMSOSTEK," paparnya.

Sementara itu, Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Bali Gianyar Imam Santoso mengatakan BPJAMSOSTEK sejak awal pandemi COVID-19 telah mengembangkan era baru pelayanan.

"Jadi yang sebelumnya interaksi langsung dengan kontak fisik, sejak pandemi COVID-19, ini kami berlakukan pelayanan tanpa kotak fisik atau Lapak Asik," ucapnya.

Imam Santoso mengemukakan, ada tiga metodelogi Lapak Asik yang dikembangkan. Pertama, pelayanan tanpa kontak fisik melalui jalur "online" atau sistem daring. Jadi peserta bisa melakukan antrean pengajuan klaim Jaminan Hari Tua melalui sistem daring yang sudah kita kembangkan websitenya, berkasnya bisa diupload kemudian melakukan wawancara melalui video conference

Kedua, layanan Lapak Asik metodelogi "offline", yakni peserta bisa datang langsung tanpa melalukan kontak fisik.

"Jadi pendekatannya adalah pendekatan teknologi, yakni satu orang CS melayani 4-6 orang sekaligus sehingga mempercepat dan mempermudah proses pelayanan klaim atau kami sebut dengan layanan One to Many," ungkapnya.

Ketiga, pendekatannya melalui klaim kolektif melalui koordinasi dengan perusahaan yang sudah melakukan PHK. "Kami kolektifkan, kemudian perusahaan menyerahkan kepada kami, kemudian kami proses. Proses wawancara juga melalui video conference," kata Imam Santoso

Pada prinsipnya, ujar dia, BPJAMSOSTEK siap melayani berapa pun peserta yang mengajukan klaim dengan sejumlah kanal yang disediakan tersebut.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait