BVA OUTLOOK 2020 : Mengantisipasi Kondisi Ketidakpastian 2020

BVA OUTLOOK 2020 : Mengantisipasi Kondisi Ketidakpastian 2020

BVA kembali mengadakan acara Gathering yang ke dua di tahun 2019. Pada pertemuan kali ini BVA melakukan seminar dengan tema “ BVA Outlook 2020 “, untuk seluruh member BVA dalam mengantisipasi kondisi ketidakpastian pada tahun 2020.

Dalam acara Gathering ini, BVA menghadirkan 1 Keynote Speaker yaitu Bapak Sapto Widyatmiko yang menjabat sebagai Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali dan 2 Guest Speaker yaitu Ibu I Gusti Ayu Emma Sulyastini yang merupakan salah satu Area Manager Traveloka serta Bapak Drs. Ismoyo S. Soemarlan, M.Par yang merupakan GM dari Uma Sapna Villas. Acara Gathering dihadiri oleh 110 Peserta baik GM maupun Villa Manager yang merupakan anggota dari Bali Villa Association ungkap Sekjen BVA, YogaIswara BBA., BBM., MM., CHA. 

Drs. I Gede Sukarta, MBA selaku Chairman BVA dalam sambutannya menyampaikan bahwa tourism sebagai leading sektor harus mendapatkan dukungan dari semua pihak, terutama di Bali yang sebagaian besar pendapatannya berasal dari sektor Pariwisata. Kondisi Bali yang kondusif dan aman sangat kritikal untuk itu kami mengajak seluruh komponen masyarakat Bali agar bisa tetap harmony dan jauh dari tindakan – tindakan yang hanarkis, yang dapat merugikan diri kita atau kepentingan yang lebih luas.

Jika ingin mengkritisi pemerintah, lakukanlah dengan jalur yang benar dan elegan, tanpa harus memberikan dampak negatif apalagi merusak dan menggangu kepentingan umum. Gathering ini juga sebagai ajang silahturahmi antara anggota BVA dan juga ruang untuk saling mengisi pengetahuan tentang bagaimana mengantisipasi kondisi ketidakpastian pada tahun 2020, hal ini diperlukan oleh pengelola Villas dalam mempersiapkan budgeting atau anggaran tahun depan.

Sapto Widyatmiko dalam pemaparannya menyampaikan bahwa masyarakat Bali harus bersyukur, karena tinggal di Bali adalah sebuah anugrah, salah satunya adalah nilai inflasi lebih terkontrol dibandingkan dengan daerah lainnya di Nusantara. Bank Indonesia (BI) menargetkan ekonomi Indonesia tahun ini tumbuh di kisaran 5,1-5,4%. Namun, di tengah perlambatan ekonomi global, pertumbuhan ekonomi Indonesia dinilai kurang kuat. Saat ini kondisi ekonomi global masih dibayangi ketidakpastian.

Misalnya dampak perang dagang hingga geopolitik saat ini mengubah kondisimarket, selain itu pernyataan Presiden Trump yang masih menyuarakan perang dagang akan memperkuat kondisi ketidakpastian.

Topik yang kedua mengenai Upadate Market dari Traveloka, yang dipaparkan oleh I Gusti Ayu Emma Sulyastini yang merupakan salah satu Area Manager Traveloka. Emma menyampaikan bahwa pengaruh indurtri 4.0 dan Go Digital merupakan phenomena yang tidak bisa dihindarkan oleh pelaku Villas. Mampu berinovasi pada digital marketing merupakan kunci sukses untuk bisa menjangkau pasar global yang lebih luas, terutama pasar milenial yang menjadi pangsa pasar dominan pada industry 4.0. Emma menambahkan bahwa Traveloka siap bekerja sama lebih baik lagi dengan stakeholder Villas dalam menjawab tantangan tantangan yang sudah dan akan dihadapi di era industri 4.0, sehingga BVA dapat meningkatkan market share atas jumlah kunjungan wisatawan ke Bali.

Acara gathering ditutup dengan pembicara Bapak Drs. Ismoyo S. Soemarlan, M.Par yang merupakan GM dari Uma Sapna Villas dan sekaligus Co-founder BVA. Ismoyo menegaskan bahwa sektor villas menjadi salah satu penyumbang tertinggi pendapatan daerah dari sektor akomodasi di Badung dan mengharapkan agar pemerintah juga dapat memberikan perhatian yang khusus untuk BVA.

Dalam pemaparannya, Ismoyo juga berbagi pengalaman bersama member BVA dan mengingatkan bahwa konsep villa sangatlah erat sekali hubungannya dengan kualitas, baik kualitas produk, pelayanan, dan pengelolaan. Bicara Quality Tourism, Villa adalah DNAnya.

Acara Gathering BVA yang ke 2 di tahun 2019 berlangsung meriah dan hangat, ditutup dengan acara power dinner yang diikuti oleh 110 peserta dari member BVA. Acara ini berlangsung sukses atas dukungan sponsor dari Bank Indonesia dan

Traveloka.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait