Kabardewata.com

Berita Utama

Dari 210 Ribu Koperasi Unit Baru 3.200 Unit Menjadi Mitra LPDB

Kategori Berita Utama, June 20, 2014, Dilihat sebanyak 174 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Jumlah koperasi di Indonesia sekitar 210 ribu unit koperasi, namun yang menjadi mitra Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) hanya sekitar 3.200 unit koperasi.  

Direktur Utama LPDB-KUMKM Kemas Danial mengatakan, tidak banyaknya koperasi yang tidak bisa menjadi mitra LPDB disebabkan tidak memenuhi syarat yang diinginkan oleh LPDB.

Syarat koperasi yang menjadi mitra LPDB diantaranya sudah berjalan 2 tahun, koperasi sudah menghasilkan atau memiliki keungtungan, selain itu surat-surat perizinan koperasi juga lengkap. Koperasi di Indonesia masih banyak terkendala infrastruktur, dalam artian Sumber Daya Manusia, atau pengurus didalam koperasi kurang mumpuni.

“SDM ini harus benar-benar di update, kalau cuma perkara modal kami bisa membantunya, saat ini dari jumlah koperasi yang ada sekarang ini sudah mengajukan menjadi mitra kami sekitar 10 persen,”ungkapnya usai membuka temu mitra regional II LPDB-KUMKM, di Sanur, Denpasar.

Saat ini dana target LPDB-KUMKM 2014 dana Rp2.650 triliun, mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun 2013 yang mencapai Rp1,6 triliun. Penyaluran terbesar LBDB masih didominasi di Pulau jawa, untuk di jawa tengah saja mampu sekitar Rp900 miliar, sementara untuk di Bali sendiri hanya Rp250 miliar.

“Untuk menambah mitra ini sekarang kami masih terkendala infrastruktur, apabila infrastukturnya sulit kami kesulitan dalam membuat cabang sehingga terhambat dalam penyaluran dana bergulir,”ucapnya.

Kemal menambahkan, pertumbuhan koperasi setiap tahun mengalami peningkatan sekitar 2 persen, meskipun hanya meningkat 2 persen masih tergolong bagus. Selain itu koperasi juga menyerap tenaga kerja sehingga mengurangi pengganguran yang ada. “58 juta jiwa masyarakat Indonesia bergerak dibidang koperasi dan UMKM. Koperasi dan UMKM merupakan ekonomi kerakyatan yang mampu menggerakkan perekonomian Indonesia,”jelasnya

 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image