Kabardewata.com

Berita Utama

BPS Bali : Biaya Produksi Tanaman Jagung Paling Besar Untuk Upah Pekerja

Kategori Berita Utama, January 06, 2015, Dilihat sebanyak 277 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, Panasunan Siregar, di Denpasar mengatakan, biaya produksi pengembangan tanaman jagung itu paling besar untuk upah pekerja dan jasa pertanian yang mencapai 59,22 persen atau Rp2,41 juta. Ia mengatakan, selain itu juga pengeluaran yang relatif besar yakni sewa lahan sebesar 15,98 persen (Rp650.340), pengadaan pupuk 8,42 persen (Rp342.560 dan benih 7,13 persen (Rp 290.140). 
 
Biaya produksi pengembangan tanaman jagung untuk lahan seluas satu hektare di Bali mencapai Rp4,07 juta dalam satu musim tanam, lebih murah dibandingkan tanaman kedelai yang mencapai Rp5,42 juta. 
 
Data tersebut diperoleh dari hasil sensus pertanian tahun 2013 yang dilakukan secara rinci terhadap komoditas tanaman jagung, kedelai maupun tanaman padi. Data itu sangat penting untuk mendukung mewujudkan swasembada pangan yang diharapkan dapat diwujudkan dalam tiga tahun mendatang. 
 
Melalui upaya membangun dan mewujudkan kedaulatan pangan dengan mengembangkan komoditas andalan antara lain jagung, kedelai dan padi. Panasunan Siregar menjelaskan, produksi jagung di Bali dalam tahun 2014 diperkirakan mengalami penurunan sebanyak 14.276 ton pipil kering atau 24,80 persen akibat berkurangnya luas panen dan musim kemarau. Luas tanaman jagung diperkirakan berkurang 1.696 hektare atau 9,30 persen dibanding tahun sebelumnya. 
 
Menurunnya produksi jagung tersebut juga sebagai pengaruh dari menurunnya produktivitas sebesar 17,07 persen atau turun 5,39 kuintal per hektare. Perkiraan menurunnya luas panen sebagai akibat semakin berkurangnya luas lahan tanaman jagung karena beralih ke tanaman kehutanan seperti yang terjadi di daerah kritis Kubu, Kabupaten Karangasem dan Nusa Penida Kabupaten Klungkung. 

Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Lainnya