Kabardewata.com

Berita Utama

BI Bali Siapkan Uang Tunai Rp4,2 Triliun Selama Puasa dan Lebaran

Kategori Berita Utama, July 05, 2014, Dilihat sebanyak 145 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang kertas dan logam selama bulan Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri di tahun 2014, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah III Bali Nusa Tenggara (KPw BI Wilayah III) KPw BI Wilayah III telah menyediakan dana sebesar Rp4,2 triliun untuk semua pecahan.

Dan bekerjasama dengan 5  bank umum dan 12 BPR menyediakan layanan penukaran uang. 

Kepala KPw BI Wilayah III Benny Siswanto menyatakan, untuk mempermudahkan warga menukarkan uang kertas dan logam BI Bali bekerjasama dengan 17 bank dari Bank umum dan BPR.

"Rp4,2 triliun itu hanya untuk ditukar saja, beda lagi dengan penyediaan uang,"unkapnya, di Denpasar

Lanjutnya, selain melakukan kerjasama dengan bank umum dan BPR, KPw BI Wilayah III juga tetap melayani penukaran uang kecil melalui kas keliling ke pasar-pasar utama di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Bali. 

Untuk melayani kebutuhan layanan pembayaran kepada perbankan dan penukaran masyarakat,  KPw BI Wilayah III menghimbau agar masyarakat senantiasa meningkatkan pemahaman terhadap ciri-ciri keaslian uang Rupiah (CIKUR) dengan berbekal slogan 3D (Dilihat, Diraba danDiterawang). 

"Transaksi dengan nilai besar hendaknya dilakukan secara non tunai sehingga lebih cepat dan aman,"ucapnya. 

Transaksi non tunai ini juga merupakan salah satu upaya KPw BI Wilayah III untuk 

menggalakkan program Less Cash Society (LCS). 

Selain itu, KPw BI Wilayah III juga menghimbau agar masyarakat dapat mengelola pola konsumsi sehari-hari serta mempertimbangkan penggunaan barang substitusi atau pengganti, khususnya terhadap beberapa komoditas bahan makanan agar menjaga tingkat harga yang stabil tidak terdorong naik karena meningkatnya permintaan.

Penukaran uang tersebut   dilaksanakan secara serempak pada  1 hingga  25 Juli 2014 melalui 58 jaringan kantor bank seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Bali

 

Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image