Kabardewata.com

Berita Utama

Antpisipasi Kenaikan BBM, TPID Bali Gelar Pasar Murah

Kategori Berita Utama, September 10, 2014, Dilihat sebanyak 85 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Forum Koordinasi Ekonomi dan Keuangan Regional bersama dengan instansi terkait lainnya di Denpasar,   melakukan  kestabilan harga kebutuhan pokok masyarakat di samping akan menggelar pasar murah di sentra-sentra tertentu di daerah dengan tingkat kemiskinan tinggi. Pasar murah itu nantinya akan disinkronisasikan dengan pihak swasta atau distributor atau instansi lainnya dalam bentuk tanggung jawab sosial atau program CSR.

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Bali menyiapkan sejumlah langkah, salah satunya operasi pasar yang akan dilakukan mengantisipasi kenaikan harga bahan bakar minyak termasuk pengendalian BBM bersubsidi. "Solusinya adalah kami akan melaksanakan `serangan fajar` yakni dengan menggelar operasi pasar terhadap kebutuhan pokok masyarakat," kata Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta sekaligus selaku Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Bali, disela-sela  Forum Koordinasi Ekonomi dan Keuangan Regional

 "Pasar murah di daerah dengan tingkat kemiskinan tinggi seperti di Buleleng, Karangasem, Bangli, atau Klungkung. Pasar murah tidak berlaku di Denpasar," imbuhnya. Selain menjaga kestabilan harga, juga mengantisipasi akan tingginya inflasi mengingat kuota BBM bersubsidi yang akan habis akhir tahun ini dan bayang-bayang kenaikan harga BBM. Meski kegiatan operasi pasar dan pasar murah itu diakui memang digelar sementara, namun pihaknya akan mengoptimalkan sejumlah kegiatan jangka panjang untuk masyarakat Pulau Dewata yang dituangkan melalui program Bali Mandara.

Sudikerta menambahkan program prioritas tersebut di antaranya pemberian dana sebesar Rp1 miliar dan dana operasional Rp20 juta per desa melalui program Gerakan Pembangunan Desa Terpadu (Gerbangsadu). Selain Gerbangsadu, lanjut dia, juga menyangkut program lainnya di antaranya Simantri atau Sistem Pertanian Terintegrasi. 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image