Banyaknya Cafe-Cafe Liar, Penyebab Cepatnya HIV/AIDS di Bali

Banyaknya Cafe-Cafe Liar,  Penyebab Cepatnya HIV/AIDS di Bali

Denpasar, Bali.  Salah satu program dari Pemprov Bali di tahun 2013 yang dianggap belum maksimal adalah upaya penanggulangan penularan HIV/AIDS. Salah satu faktor penyebab cepatnya penyebaran penyakit HIV/AIDS di Bali adalah banyaknya kafe-kafe liar atau kafe remang-remang yang beroperasi sampai ke pelosok-pelosok desa. Untuk itu Gubernur Bali Made Mangku Pastika menghimbau masyarakat luas untuk menjauhi kafe remang-remang. Hal itu disampaikan Pastika pada saat diwawancarai wartawan. di Denpasar.

“Sepertinya penyebab penyebaran HIV/AIDS di Bali bukan hanya pariwisata tetapi banyaknya kafe-kafe liar, makanya saya himbau kesadaran masyarakat untuk hati-hati hindari kafe-kafe tersebut” tegas Pastika. Pastika memaparkan lebih dari 20 persen PSK yang beroperasi di Bali, sudah terinfeksi HIV/AIDS dan jumlah ini yang baru diketahui. akan tetapi dark numbernya biasanya lebih besar. Pastika meminta masayarakat juga tidak mengunjungi tempat-tempat yang ditenggarai sebagai tempat beroperasi para PSK seperti, Padang Galak, Jalan Danau Poso Sanur, jalan danau Tempe,  Blanjong, Gunung Lawu Nusa Dua, Terminal Pesiapan, Bungkulan Singaraja.

Selanjutnya  Pastika juga meminta wartawan untuk menulis nama tempat-tempat tersebut sebagai tempat para PSK beroprasi di koran agar bisa dihindari masyarakat. Gubernur berharap dengan berkurangnya pelanggan diharapkan suatu hari tempat tersebut bisa menjadi bersih. “Sesuai hukum pasar, dengan berkurangnya permintaan makan penawaranpun akan berkurang” ungkap Pastika. Untuk melakukan tindakan, Pastika minta untuk para awak media menandai tempat-tempat yang sudah pasti diketahui tempat operasi PSK, agar pemerintah bisa menutupnya.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait