Kabardewata.com

Bali Memiliki Terumbu Karang Langka di Dunia

Kategori , June 25, 2014, Dilihat sebanyak 181 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Pulau Bali memiliki terumbu karang langka dan diduga satu-satunya ada di dunia. Terumbu karang itu pertama ditemukan tahun 2011 oleh ahli terumbu karang dunia dan diberi nama Euphyllia Baliensis.
 
"Nama Euphyllia Baliensis diberikan oleh ahli terumbu karang dunia yang bernama Emriturat. Dia yang pertama menemukan terumbu karang itu," kata Bali MPA Network Manager (Conservation International Indonesia) I Made Iwan Dewantama, ditemui  di Denpasar
 
Karena satu-satunya di dunia, Iwan meminta kepada pemerintah untuk melindunginya. Euphyllia Baliensis ini jenisnnya koloni bisa sebesar meja, dan ada yang lebih luas lagi. "Saat ini Euphyllia Baliensis kondisinya masih baik," terangnya.
 
Dia melanjutkan, berredar isu akan ada penambangan pasir di Daerah Karangasem. Hal itu dikhawatirkan akan merusak sistem yang ada di laut dan Euphyllia Baliensis. Sebelum hal itu terjadi, pihaknya akan melakukan upaya pencegahan.
 
"Saat ini LSM lingkungan tengah meminta Bupati Kabupaten Karangasem untuk memberikan perlindungan kawasan di area tersebut. Kami ingin daerah itu terlindungi secara hukum. Persisnya terumbu karang itu ada di kawasan Candi Dasa, 27 meter dari permukaan," terangnya.
 
Ditambahkan dia, Euphyllia Baliensis memiliki bentuk seperti bunga jepun, mahkota, dan kelopak-kelopak kecil. Dia memiliki koloni dan besarnya bisa selebar meja. Bahkan bisa menjadi lebih lebar lagi
 

Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image