Kabardewata.com

Bali Masih Tergantung Jawa Dalam Pengadaan Listrik

Kategori , April 10, 2014, Dilihat sebanyak 185 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Mangupura, Bali.   Bali yang merupakan daerah destinasi Pariwisata internasional, ternyata dalam pengadaan pembangkit listrik masih ketergantungan dari daerah Jawa. Atas kondisi ini, khusus untuk daerah Bali dikatakan harus bisa mandiri dalam hal pengadaan tenaga pembangkit listrik, agar tidak terus bergantungan dengan listrik yang ada di Jawa.

Pasalnya, hal ini tidak bisa dipungkiri, apabila di daerah Jawa listriknya mengalami masalah, Bali tidak akan bisa dipungkiri juga akan terkena dampaknya. Dan atas dasar kondisi tersebut, pembangunan listrik di wilayah Bali Utara diharapkan mampu nantinya menyelamatkan Bali dari ketergantungan listrik dari luar Bali.

Atas kondisi tersebut, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Jero Wacik mengatakan, pihaknya kini sedang membangun pembangkit listrik khusus untuk daerah Bali, yang lokasinya berada di wilayah Bali Utara, Desa Celukan Bawang. "Kalau kami tidak membangun pembangkit listrik di Bali, Bali akan selamanya bergantungan listrik dari daerah lain, makanya kami bangun pembangkit listrik untuk wilayah Bali.

Kalau itu sudah selesai dibangun, maka listrik tersebut akan berkekuatan sampai 800 mega watt, dan itu cukup untuk wilayah Bali, sampai dengan tahun 2025 nanti," katanya, ditemui di Universitas Dhyana Pura Bali,  sembari mengatakan, pembangunan pembangkit listrik tersebut akan rampung dalam waktu dekat ini.

Lanjut Jero Wacik juga memaparkan, untuk tenaga listrik yang dibangun di Bali Utara itu, menggunakan tenaga batu bara, dan dengan menggunakan konsep teknologi yang ramah lingkungan. "Ada karbon tekcor teknologi namanya, yang artinya teknologi menangkap karbon. Dimana karbon yang dikeluarkan oleh asap itu akan diambil lagi dan akan diproses kembali, dan dari pemerosesan itu akan mengalirkan listrik, dan sisanya akan menjadi abu, dan abunya tersebut bisa digunakan untuk semen," paparnya.
 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image