Kabardewata.com

Bali Berkomitmen Mengembangkan Pendidikan Berbasis Hindu Untuk Umat

Kategori , April 18, 2014, Dilihat sebanyak 81 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Bali berkomitmen mendukung berbagai upaya untuk mengoptimalkan pendidikan Hindu sehingga umat dapat lebih baik memahami ajaran agamanya. Yang bahasan utamanya pengembangan pendidikan berbasis Hindu. Untuk memajukan wawasan umat Hindu, memang harus dimulai dari dunia pendidikan.

Khususnya di Bali memang sudah ada berbagai jenis lembaga pendidikan Hindu baik yang formal maupun nonformal, namun hal itu masih perlu dioptimalkan lagi. Pasraman misalnya, harus dikombinasikan dengan lembaga pendidikan formal sehingga masyarakat dapat benar-benar memahami ajaran Hindu," ungkap  Wakil Gubernur Bali,, Ketut Sudikerta di sela-sela membuka pertemuan `World Hindu Wisdom Meet` II di Denpasar, (16/4/14)

Terkait dengan keinginan berbagai tokoh yang menginginkan Bali menjadi pusat pendidikan Hindu dunia, menurut Sudikerta perlu didukung infrastruktur, sarana dan prasarana serta pendanaan yang memadai. "Di sisi lain, kami berharap melalui pertemuan ini dapat menjadi ajang untuk lebih memperkenalkan Hindu dan juga Pulau Bali ke seluruh dunia," harap Sudikerta.

Sementara itu, Presiden World Hindu Parisad (WHP) Ida Pedanda Gede Ketut Sebali Tianyar Arimbawa mengatakan lewat dihadirkannya tokoh-tokoh Hindu dunia yang juga merupakan pakar di bidang pendidikan, diharapkan dapat menularkan keterampilan agama, pengetahuan agama dan norma agama mereka kepada masyarakat. "Dengan didasari pengetahuan agama, setidaknya dapat dijadikan bekal tergantung profesi masing-masing. Misalnya seorang politikus, ekonom, guru, dan dokter dapat menjalankan profesinya dengan benar," ucapnya.

Lebih lanjut Ida Pedanda Sebali Tianyar mengingatkan bahwa belajarlah sepanjang hidup, di era global ini orang yang paling beruntung adalah mereka yang menguasai pengetahuan khususnya teknologi informatika. Harus dicari kiat-kiat untuk menjadikan manusia Hindu yang utuh dan model-model pendidikan harus lebih difokuskan. "Konsep-konsep yang dibahas dalam pertemuan kali ini akan lebih dimatangkan lagi lewat berbagai workshop," katanya. 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image