Kabardewata.com

Anggota Legislatif Baru Diminta Paham Tupoksi

Kategori , April 10, 2014, Dilihat sebanyak 131 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Para anggota Legislatif yang akan terpilih dalam pemilu 2014 khususnya yang baru,  hendaknya memahami apa tugas pokok dan fungsinya sebagai anggota legislatif. Hal itu disampaikan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika saat diwawancarai para wartawan seusai menggunakan hak pilihnya di TPS 14, Kelurahan Penatih Denpasar Timur, tepatnya di SD Negeri 5 Penatih, Rabu (9/4/14)

“Anggota legislatif yang baru harus mau belajar mengenai tugas pokok dan fungsinya, baik itu di bidang legislasi khususnya dalam pembuatan undang-undang dan peraturan lainnya, mengenai sistem anggaran, baik sistem anggaran nasional maupun daerah, dan pengawasan,  mengenai apa yang harus diawasi”, tegas Pastika.
Menurutnya anggota legislatif harus paham mengenai pemanfaatan anggaran agar tidak semua dianggap gampang. Namun di lain pihak,  Pastika tidak meragukan lagi kemampuan para anggota legislatif incumbent, karena mereka sudah memiliki kemampuan dan pengalaman sebelumnya.

Pastika juga mengimbau agar para calon legislatif yang bertarung di pemilu 2014 juga diminta bisa bersabar dan  menerima apapun hasil yang akan keluar nanti. Para caleg juga diminta harus optimis, namun tetap harus sadar bahwa tidak semua calon akan terpilih, karena dalam setiap pemilihan pasti ada yang menang  dan sudah pasti ada yang kalah. “Bagi yang tidak terpilih jangan kecewa karena masih ada kesempatan di lain waktu, dan masih banyak ada tempat lain untuk mengabdi kepada negara, “tandas Pastika.

Kepada anggota DPD yang akan terpilih, Pastika mengharapkan mereka bisa terus memperjuangkan agar Bali bisa menjadi Daerah Otonomi Asimentris seperti apa yang sudah diperjuangkan dari sebelumnya. Pastika menegaskan Bali tidak ingin otonomi khusus seperti  di Aceh maupun Papua, Bali hanya ingin adat dan istiadat dan budaya Balinya terlindungi  secara pasti dan pengaturan tentang tata ruang Bali yang lebih baik dan ada  di level provinsi .

Selain itu Bali juga minta dana perimbangan yang lebih adil karena memiliki peran yang  sangat besar meskipun tidak dalam hal devisa tetapi Bali memiliki peran sebagai soft power nya Indonesia yang memerlukan anggaran untuk memeliharanya.
Ketika ditanya pendapatnya terhadap antusias pemilih, Pastika sangat yakin antusiasisme pemilih kali ini sangat tinggi. Ia berharap angka golput bisa lebih rendah lagi dari pemilu sebelumnya.

Gubernur Bali  menggunakan hak pilihnya  di TPS 14 Penatih ini bersama Ibu Ayu Pastika, dua orang putra serta menantunya. Pastika tiba di TPS ini pukul 09.30 Wita. Beberapa menit setelah menyerahkan kartu panggilan, Pastika beserta keluarga langsung melakukan pencoblosan di bilik suara.
 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image