Gubernur Bali Terus Ingatkan Kualitas Hadapi MEA

Headline | February 02, 2016 | Posted by Admin Kabardewata


Kabardewata - Made Mangku Pastika, Gubernur Bali terus mengingatkan agar masyarakat Bali terus bersemangat untuk meningkatkan kualitas diri agar mampu memenangkan persaingan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), terutama para generasi muda.

“Kami juga mengingatkan mereka agar tidak terbuai dengan kenyamanan yang dirasakan saat ini karena daerah lain terus bergerak dengan berbagai inovasi,” ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa ciri utama pemberlakuan MEA adalah tidak adanya sekat dalam pergaulan di kawasan negara-negara Asean, baik itu menyangkut arus manusia, barang, maupun jasa. Hal itulah yang memicu persaingan dalam memperebutkan setiap peluang.

“Tidak ada lagi yang menanyakan nama, jenis kelamin, agama, warna kulit, atau etnis. Karena itu tidak ada pilihan bagi masyarakat Bali selain terus mengisi diri agar punya keunggulan dan mampu memenangkan persaingan,” paparnya.

Dia mengimbau, sumber daya manusia Bali harus menguasai salah satu bahasa yang telah diakui sebagai bahasa pergaulan internasional seperti Inggris, Perancis, atau Spanyol.

Penegasan tersebut kembali disampaikannya mengingat saat ini masih ada sebagian masyarakat yang terlena dengan kenyamanan sesaat.

“Mereka merasa sudah cukup puas dengan apa yang dinikmati saat ini. Padahal, daerah tetangga seperti Banyuwangi, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur tengah berbenah serta melakukan inovasi seperti Labuan Bajo yang sedang digarap untuk bisa menjadi Bali kedua selain alam yang menawan, daerah itu juga punya komodo yang menjadi daya tarik. Lombok pun juga punya kawasan Mandalika yang sedang serius digarap,” jelasnya.

Dia pun mengajak seluruh komponen masyarakat untuk ikut bergerak dengan inovasi yang lebih kreatif, khususnya dalam industri pariwisata.

“Jangan berpikir dengan diam dan merasa nyaman, kondisi kita akan tetap seperti semula. Bisa jadi daerah lain yang sebelumnya di belakang kita akan mengejar dan akhirnya sejajar, atau bahkan menyalip kita,” terangnya.


Sumber: redaksi


Share berita ini:

Tulis komentar anda.


You can use the following HTML tags: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>


CAPTCHA Image
Reload Image


KOMENTAR
HEADLINES POPULER BISNIS BALI


BERITA HEADLINE LAINNYA