Bapak SBY Optimis Indonesia Maju, Kuat dan Sejahtera di Tahun 2045

Bapak SBY Optimis Indonesia Maju, Kuat dan Sejahtera di Tahun 2045

Kabardewata - Dalam kurun waktu satu abad Kemerdekaan Indonesia atau 30 tahun lagi dari tahun 2015,   Indonesia akan menjadi negara maju, kuat dan sejahtera akan terwujud. Optimisme tersebut tidak terlepas dari beberapa faktor pendukung diantaranya usia Indonesia yang masih relatif muda, potensi sumber daya alam yang besar, transformasi dalam segala bidang yang terus dilakukan dan berhasilnya Indonesia keluar dari krisis yang terjadi serta  keberhasilan Indonesia dalam 10 tahun belakangan membuat Indonesia optimis mampu mewujudkan mimpinya. Demikian disampaikan Presiden ke 6 Republik Indonesia Prof. DR. Haji Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat memberi kuliah umum bagi para akademisi, pejabat serta mahasiswa di Gedung Widyasabha Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Selasa (2/2). 

Dijelaskan SBY  di tahun 2045, Indonesia memiliki mimpi dan tujuan diantaranya terwujudnya demokrasi yang kuat, stabil dan semakin matang, terciptanya ekonomi yang kuat, adil dan berkelanjutan serta terwujudnya peradaban yang lebih maju  yang membawa  Indonesia sebagai salah satu negara maju  di akhir abad 21. Ia membeberkan  ketiga mimpi dan tujuan mulia tersebut dapat terwujud dengan beberapa langkah nyata diantaranya dalam mewujudkan demokrasi yang kuat dapat ditempuh dengan upaya mendidik masyarakat bahwasannya demokrasi bukan hanya tentang pemilu dan kebebasan, namun demokrasi juga mencangkup konstitusionalisme, adanya etika dan aturan main, penggunaan kekuasaan serta adanya aspirasi rakyat yang sesungguhnya. Dalam upaya mencapai ekonomi yang kuat, adil dan berkelanjutan perlu diambil langkah langkah dengan memperkuat fundamental ekonomi, meningkatkan SDM , memastikan pertumbuhan yang berkesinambungan serta melakukan transpormasi menuju terwujudnya ekonomi yang hijau dimana ekonomi yang maju, tumbuh dan memperhatikan lingkungan. 

Sedangkan dalam mewujudkan peradaban yang lebih maju SBY memaparkan hal tersebut dapat diwujudkan dengan pendidikan,pembangunan karakter, mengembangkan IPTEK , adanya kepatuhan terhadap pranata hukum dan norma sosila serta toleransi dan harmonisasi yang semakin kuat. 

Untuk mencapai semua hal tersebut diperlukan keberhasilan dalam transpormasi, terwujudnya persatuan dan kerja keras, adanya pemimpin yang visioner, cakap dan kuat serta terwujudnya kemajuan yang seimbang . “ Jika kedepannya kita makin bersatu, berpikir cerdas, kerja keras dan dipimpin oleh para pemimpin yang visioner, maka Indonesia di tahun 2045 akan menjadi negara yang kuat dan di akhir abad 21 akan jadi negara maju ,“ tegasnya optimis.

Dalam kesempatan ini Presiden ke 6 RI ini juga menyampaikan tentang berbagai   perkembangan  serta isu isu dunia. Menurutnya terdapat 4 megatrends abad 21 diantaranya demografi, teknologi, urbanisasi dan globalisasi. 

Demografi penduduk dunia yang terus tumbuh  yang diikuti dengan peningkatan peran wanita serta perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin meningkat  disertai dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat serta berbagai revolusi yang terjadi seperti revolusi industri serta revolusi transportasi . Begitu pula halnya dengan urbanisasi dimana pada tahun 2030 diperkirakan 2/3 penduduk dunia akan tinggal di perkotaan yang akan memberikan dampak luas baik dari segi polusi, penyediaan air bersih, lapangan pekerjaan hingga tingkat kriminalitas. 

Globalisasi yang terjadi juga memberikan dampak yang cukup luas, dimana peristiwa yang terjadi di satu negara akan memberi efek pula pada negara negara lainnya seperti contoh krisis yang terjadi di Negara Amerika yang juga memberi dampak pada Indonesia yang diakibatkan oleh adanya globalisasi. Disamping 4 hal tersebut terdapat 3 isu besar dunia yang memerlukan perhatian khusus seperti perdamaian dan keamanan Internasional, terwujudnya ekonomi hijau serta pembangunan berkelanjutan. Untuk itu SBY menegaskan perlunya sikap optimis , kerja keras, berpikir positif serta berani bertindak dalam menghadapinya. 

“ Hanya yang berjiwa optimis, bersikap positif, bertanggung jawab dan mau bertindak akan menang  di hari esok , “ ungkapnya. Khusus untuk masyarakat Bali kedepannya SBY yakin Bali akan menjadi leader dalam dunia pariwisata serta industri kreatif, menjadi contoh dalam ekonomi hijau serta memiliki ketahanan dan menjadi masyarkat yang religius , rukun dan toleransi.


Ditayangkan sebelumnya dari situs redaksi
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait