Wirausahawan Muda Dihimbau Aktif Dalam Pengentasan Kemiskinan

Kategori , May 29, 2015, Dilihat sebanyak 640 kali, Post oleh Putri Sukawening


Dalam proses pembangunan bangsa, pemuda merupakan kekuatan moral sebagai perwujudan dari fungsi, peran, karakteristik dan kedudukannya yang srategis dalam pembangunan nasional. Oleh karenanya, tanggung jawab dan peran strategis pemuda perlu ditingkatkan. Demikian disampaikan Wakil Gubernur Ketut Sudikerta dalam acara Kegiatan Penguatan Kelembagaan Kewirausahaan Pemuda yang diselenggarkan oleh Junior Chamber International (JCI) Indonesa, bertempat di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Denpasar. 

Pemprov Bali menyambut baik kegiatan yang diselanggarakan oleh JCI yang dinilai sangat bagus dalam membentuk pemuda yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing menuju wirausaha muda yang inovatif dan mandiri. Berharap agar kegiatan ini dapat membawa dampak yang postitif pada upaya pembangunan SDM pemuda Bali khususnya dalam menghadapi Masyaraat Ekonomi ASEAN 2015 yang sudah didepan mata. 

Wagub Sudikerta menambahkan bahwa para wirausahawan muda diharapkan tidak hanya berpatokan pada money oriented saja, melainkan juga melihat keadaan dilingkungan sekitar. Masih banyak penduduk miskin yang ada di Indonesia khususnya Bali yang memerlukan kepedulian dan bantuan. Oleh karenanya para wirausahawan muda diimbau ikut berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan yang ada di lingkungannya, sehingga tidak ada lagi kemiskinan yang ada di Indonesia. 

Sementara itu Menteri Pendidikan , Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi yanh hadir pada kesempatan itu mengatakan sumber daya alam yang melimpah serta keanekaragaman budaya yang artistik seharusnya tidak membuat para generasi muda galau ataupun khawatir untuk menjadi wirausaha. 

Mengingat banyak potensi dari negeri ini yang bisa digali. Menurutnya dengan memanfaatkan potensi yang ada di Indonesia, para pemuda dapat menghasilkan suatu kreativitas aktif dalam memberikan kontribusi kepada negara serta dituntut untuk memiliki mental yang kuat dalam menghadapi persaiangan di dunia usaha. Oleh karenanya, Ia berpesan kepada para generasi muda untuk selalu berfikir menjadi yang terdepan dan terbaik, agar tercipta semangat wirausaha yang berdedikasi dan memiliki semangat juang persaingan tinggi. 

Presiden JCI Indonesia Ida Bagus Agung Gunarthawa, menyampaikan terimakasih atas dukungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah atas terselenggaranya acara ini. Bagus Gunarthawa, mengungkapkan bahwa acara JCI Indonesia Creative Young Entrepreneurs Award (JCI Indonesia CYEA 2015) ini merupakan salah satu program pengakuan dan penghargaan kepada wirausaha muda berprestasi yang telah memulai bisnis dengan menggunakan kreativitas atau telah meningkatkan bisnis yang sudah ada melalui pemecahan masalah secara inovatif, yang berpegang erat dengan prinsip-prinsip Corporate Social Responsibility (CSR)

Disampaikannya bahwa acara JCI Indonesia CYEA 2015 ini selain bertujuan untuk memberikan apresiasi pada wirausahawan muda, juga untuk memberikan mereka kesematan beradu di dunia Internasional. Oleh karenanya JCI mengadakan kompetisi untuk para wirausahawan muda yang ada di Indonesia, maka dari 35 orang pendaftar dalam kompetisi ini dan telah melakukan berbagai macam seleksi, sehingga diperoleh 10 nama finalis wirausahawan muda. Dari 10 finalis ini akan dipilih tiga oleh pemenang yang akan mengikuti kompetisi Internasional di Jepang nanti. 

Tiga orang pemenang tersebut antara lain Mariza dari Jogjakarta dengan usaha makanan Bakpiapia Djogjanya, Gus Teja dari Bali dengan usaha Industri Musiknya, serta Maksun Syamsuddin dari Bandung dengan usaha Manufakturing kendaraan berpenggerak listriknya.  Ia, berharap para finalis dan juara ini dapat memberikan motivasi bagi pemuda di Indonesia untuk berusaha lebih kreatif lagi.

Dalam acara ini juga diserahkan bantuan beasiswa senilai 1,2 milyar dari kampus Elizabeth International dan bantuan Beasiswa senilai 1,2 milyar dari kampus STIMIK Primakara kepada anak-anak berprestasi di Bali. Acara tersebut juga dimeriahkan dengan talkshow yang disampaikan oleh Anggota DPR RI Anang Hermansyah, President JCI Indonesia Agung Gunarthawa serta Ketua Umum BPP HIPMI Bahlil Lahadila. 


Sumber:

Like & Share berita ini

loading...

2 Komentar

Tulis komentar anda.


You can use the following HTML tags: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>


CAPTCHA Image
Reload Image


KOMENTAR
HEADLINES POPULER BISNIS BALI


POST LAINNYA