1954 - Transplantasi Organ Hati yang Pertama Dilakukan oleh Dokter Murray dan Harrison di Boston

Kategori Sejarah Hari Ini, December 23, 2015, Dilihat sebanyak 116 kali, Post oleh Admin Kabardewata


[Peristiwa hari ini] - Transplantasi organ adalah transplantasi atau cangkok atau pemindahan seluruh atau sebagian organ dari satu tubuh ke tubuh yang lain, atau dari suatu bagian ke bagian yang lain pada tubuh yang sama. Transplantasi ini ditujukan untuk menggantikan organ yang rusak atau tak befungsi pada penerima dengan organ lain yang masih berfungsi dari donor. Donor organ dapat merupakan orang yang masih hidup maupun telah meninggal.

Saat ini di Indonesia, telah dilakukan transplantasi seperti yang telah dilakukan di negara-negara maju. Transplantasi yang terakhir dinyatakan berhasil di dunia adalah transplantasi penis manusia, ditransplantasikan pada bulan Desember 2014 dan dinyatakan berhasil dan berfungsi 4 bulan kemudian, dalam arti tidak ada penolakan dari tubuh dan yang terpenting adalah dapat berfungsi normal untuk sistem ekskresi juga secara seksual.

Organ-organ yang dapat ditransplantasikan adalah jantung, transplantasi ginjal, hati, paru-paru, pankreas, organ pencernaan, dankelenjar timus, juga jaringan, termasuk cangkok tulang, tendon (2 hal ini biasa disebut cangkok mukuloskeletal), cangkok kornea, cangkokkulit, penanaman Katup jantung buatan, saraf dan pembuluh darah. Di dunia, cangkok ginjal adalah yang terbanyak di antara cangkok organ, diikuti oleh hati dan jantung. Jaringan yang paling banyak ditransplantasikan adalah cangkok kornea dan mukuloskeletal; jumlahnya 10x lebih banyak dari transplantasi organ.

Joseph Edward Murray

Joseph Edward Murray (lahir di Mildford, Massachusetts, Amerika Serikat, 1 April 1919; umur 96 tahun) adalah seorang dokter bedah Amerika Serikat yang pernah menjadi ketua ahli bedah plastik di Brigham, Boston, selain menjadi profesor dalam bidang pembedahan di Harvard Medical School pada tahun 1970.

Pada tahun 1954, Murray melakukan pemindahan ginjal kepada sepasang kembar identik. Pada tahun 1962, melakukan pemindahan ginjal pertama antara orang yang sakit yang tidak langsung mempunyai pertalian saudara dengan menggunakan obat imunosupresif.

Joseph memenangkan Hadiah Nobel Fisiologi atau Kedokteran 1990 karena keberhasilannya memperkenalkan teknik pemindahan organ dan tisu, bersama mitranya Donnall Thomas.


Sumber: wikipedia

Like & Share berita ini

loading...

Tulis komentar anda.


You can use the following HTML tags: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>


CAPTCHA Image
Reload Image


KOMENTAR
HEADLINES POPULER BISNIS BALI


POST sejarah-hari-ini LAINNYA