1732 – George Washington, Presiden Pertama Amerika Serikat (d. 1799)

Kategori Sejarah Hari Ini, February 22, 2016, Dilihat sebanyak 123 kali, Post oleh Admin Kabardewata


George Washington (lahir di Westmoreland County, Colony and Dominion of Virginia, Amerika Utara Britania, 22 Februari 1732 – meninggal di Mount Vernon, Virginia, Amerika Serikat, 14 Desember 1799 pada umur 67 tahun) adalah Presiden Amerika Serikat(1789–1797) yang pertama. Pada usia 11 tahun ayahnya meninggal dunia. George Washington mula mula bekerja sebagai mantri ukur, ia lalu masuk tentara pada usia 21 tahun, dan diangkat menjadi Letnan Kolonel saat mengikuti wajib militer oleh Gubernur negara bagian Virginia. Menikah tahun 1759 dengan Martha Dandridge Custis Washington, George Washington mengurus perkebunannya yang luas di Virginia dan menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Virginia, hingga Revolusi Amerika pecah. George Washington merupakan anggota perkumpulan rahasia Freemasonry.

Ketika berumur 33 tahun, ia memilih untuk memihak rakyat negara bagian Virginia yang memberontak melawan orang-orang Inggris yang mengeluarkan undang - undang yang tidak adil menurut perdapat rakyat Virginia. Ia pun bertugas memimpin tentara Virginia. Pada tahun 1775 ia diangkat menjadi Panglima Tertinggi oleh Kongres Kontinental, yaitu Kongres ke-13 daerah jajahan Kerajaan Inggris.

Pada tahun 1776 Revolusi Kemerdekaan Amerika pecah dan Kongres Kontinental mengeluarkan Deklarasi Kemerdekaan dan memisahkan diri dari Kerajaan Inggris. Kepemimpinan George Washington berkontribusi banyak dalam keberhasilan daerah-daerah jajahan di Amerika memperjuangkan kemerdekaannya. Pada tahun 1783 Inggris mengakui kemerdekaan Amerika Serikat, George Washington keluar dari tentara. Empat tahun kemudian pada 1787 ia menjadi Ketua Konvensi Konstitusional.

Pada tahun 1789 setelah Konstitusi disahkan, ia dipilih dengan suara bulat menjadi Presiden Amerika yang pertama. Ia menjalankan dua masa jabatan dari tahun 1789 hingga tahun 1797, didampingi oleh John Adams sebagai wakil presiden. Dalam pidato perpisahannya pada tahun 1797, ia menyerukan kepada rakyat Amerika Serikat agar meninggalkan rasa kepartaian dan rasa kedaerahan yang berlebih-lebihan.

Pada tahun 1799, George Washington meninggal dunia dalam usia 67 tahun di Mount Vernon, setelah tiga tahun meletakkan jabatannya sebagai presiden. Ia tidak memiliki keturunan, hanya seorang anak angkat.

Kehidupan Awal (1732-1753) 

George Washington adalah anak pertama dari Agustinus Washington (1694-1743) dengan istrinya yang kedua, Mary Ball Washington (1708-1789), George Washington lahir di Perkebunan Paus Creek dekat dengan Pantai Kolonial di Daerah Westmoreland, Virginia. Menurut kalender Julius dan Gaya isyarat pencacahan tahun, kemudian digunakan di Kerajaan Inggris, Washington lahir pada 11 Februari 1731; ketika kalender Gregorius diadopsi di Kerajaan Inggris pada 1752, sesuai dengan ketentuan Kalender (Gaya baru) Pertindakan 1750, tanggal lahir menjadi 22 Februari 1732.

Leluhur Washington berasal dari Sulgrave, Inggris; kakek buyut dari, John Washington, telah beremigrasi ke Virginia pada tahun 1657. Ayah George Agustinus adalah seorang penanam tembakau, dia memiliki budak yang kemudian mencoba dalam usaha pertambangan besi. Pada masa ini keluarga George Washington adalah keluarga bangsawan yang cukup sejahtera dari Virginia, dan memiliki pangkat yang cukup tinggi dibanding dengan keluarga penanam terkemuka lainnya. Pada saat itu, Virginia dan koloni selatan lainnya telah menjadi sebuah masyarakat perbudakan, di mana `pemilik budak` membentuk kelas penguasa dan ekonomi didasarkan pada tenaga kerja budak.George Washington adalah anak pertama dari Agustinus Washington (1694-1743) dengan istrinya yang kedua, Mary Ball Washington (1708-1789), George Washington lahir di Perkebunan Paus Creek dekat dengan Pantai Kolonial di Daerah Westmoreland, Virginia. Menurut kalender Julius dan Gaya isyarat pencacahan tahun, kemudian digunakan di Kerajaan Inggris, Washington lahir pada 11 Februari 1731; ketika kalender Gregoriusdiadopsi di Kerajaan Inggris pada 1752, sesuai dengan ketentuan Kalender (Gaya baru) Pertindakan 1750, tanggal lahir menjadi 22 Februari 1732.


Sumber: wikipedia

Like & Share berita ini

loading...

Tulis komentar anda.


You can use the following HTML tags: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>


CAPTCHA Image
Reload Image


KOMENTAR
HEADLINES POPULER BISNIS BALI


POST sejarah-hari-ini LAINNYA