Kabardewata.com

Opini

5 Batu Akik Termahal Dengan Harga Fantastis

Kategori Opini, September 07, 2015, Dilihat sebanyak 858 kali, Post oleh Rusadi Nata


Demam batu akik? Ya, barangkali itulah kata yang tepat untuk menggambarkan fenomena yang sedang terjadi di Indonesia saat ini. Dimana para penggemar maupun kolektor batu akik berburu batu akik yang saat ini sedang naik daun. Batu-batu akik ini seringkali dijadikan aksesoris seperti cincin, kalung, bros dan liontin. Namun tahukah Anda, jika ternyata ada beberapa batu akik yang harganya tergolong sangat fantastis? Bahkan terdapat batu yang sangat langka sehingga memiliki nilai yang sangat mahal hingga mencapai ratusan miliar.

Batu apa sajakah itu? Langsung saja, berikut 5 harga batu akik paling fantastis.

1. Batu Akik Kalimaya, Banderol 33 Juta Per Karat

Batu akik kalimaya merupakan jenis permata asal Lebak Banten yang sering diburu oleh para penghobi maupun kolektor. Batu akik asal fermentasi alam ini harganya mencapai $2500 atau sekitar 33 juta rupiah per karatnya dan masuk dalam jajaran batu mulya termahal di dunia.

kalimaya

Batu akik kalimaya ini dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri pemakainya, mungkin saja karena batu ini memiliki corak yang sangat indah dan variasi warna yang sangat memesona. Banyak variasi dan kombinasi warna seperti hijau, coklat, merah muda, merah, biru kehijauan, putih dan lainnya membuat batu kalimaya terlihat sangat indah hingga sanggat cocok untuk perhiasan baik sebagai cincin permata, liontin, anting-anting atau jenis perhiasan lainnya.

Batu yang di pasaran internasional dikenal dengan sebutan black opal ini memiliki harga yang sangat tinggi. Jadi tidaklah heran jika jenis batu ini menjadi incaran kolektor mancanegara karena nilainya yang cukup menggiurkan.

 

2. Batu Akik Bengkulu Mencapai 2 Miliar Rupiah

Jika selama ini kota Bengkulu dikenal sebagai salah satu kota tempat tumbuhnya bunga langka, Raflesia Arnoldii. Maka saat ini kota Bengkulu memiliki salah satu jenis batu akik yang juga kian populer, yaitu batu akik jenis Red Raflesia. Dinamakan Red Raflesia karena warna merah batu akik ini mirip dengan warna merah pada bunga raksasa, Raflesia Arnoldii.

batu akik red raflesia

Ternyata Bengkulu tak hanya memiliki batu akik Red Raflesia. Ada batu akik lainnya seperti White Raflesia dan Yellow Raflesia dan yang paling fenomenal salah satu batu akik asal Bengkulu pernah mendapat penawaran hingga 2 miliar rupiah. Batu berharga fantastis ini bernama batu Victoria Agate Badar Pemandangan.

Batu akik yang dibuat persegi empat layaknya liontin ini, bergambar pemandangan pada dua sisi, yakni sisi depan dan belakang. Menurut sang pemilik, Chandra Nanda Satria, batu ini telah memenangkan kontes Indonesia Gemstone pada November 2014 lalu. Selain itu, batu ini telah diikutsertakan pada pameran yang digelar di negeri Tiongkok. Ia belum berani menerima tawaran-tawaran yang sangat tinggi itu dikarenakan langkanya batu yang dimilikinya.

Batu motif pemandangan ini dibagi menjadi 3 keping, sementara 2 keping sudah terjual dengan harga 250 juta dan 150 juta rupiah dan yang terakhir disimpan untuk kompetisi ini, seharga 2 miliar rupiah. Fantastis bukan?

 

3. Batu Bacan Dengan Nominal 3 Miliar Rupiah

Belakangan ini nama batu bacan semakin populer dan ramai diperbincangkan. Batu ini merupakan batu akik paling dicari oleh para penggemar batu alam. Batu bacan berasal dari sebuah pulau di Maluku Utara, yakni pulau Bacan. Sebagai salah satu nama dari batu akik, Bacan menjadi tersohor hingga ke mancanegara.

batu bacan

Jenis batu yang paling banyak dicari adalah bacan doko dan bacan palamea. Kedua batu akik jenis ini selalu menjadi  incaran baik bagi penghobi maupun para kolektor. Jenis batu bacan termahal yang pernah terjual adalah seperti batu akik yang kabarnya dimiliki oleh mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yaitu senilai 3 miliar rupiah.

Keunikan dari batu bacan adalah batu ini dikenal juga sebagai batu hidup karena kemampuannya berproses menjadi lebih indah secara alami atau cukup dengan menggunakannya sehari-hari dalam bentuk cincin atau kalung. Batu berwrna hijau ini dipercaya akan berubah dengan berlalunya waktu, inklusi atau serati batu akan memudar dan mengkristal.

Keunikan lain dari batu ini dipercaya mampu menetralkan ion tubuh sehingga pemakai batu bacan akan merasa mampu mengontrol emosinya dan memperlancar peredaran dalam tubuh.

 

4. Batu Serendibite Seharga 32 Miliar Per Karat

Batu akik berharga fantastis lainnya adalah batu Serendibite. Batu berwarna hitam, gelap dan pekat ini sangatlah langka di dunia. Hal ini terjadi karena batu cantik ini hanya terdapat di pertambangan Sri Lanka dan Birma. Ini membuat batu Serendibite sangat bernilai jual tinggi.

batu serendibite

Untuk sebuah batu Serendibite dihargai 2,5 juta dolar atau sekitar 32 miliar rupiah per karatnya. Batu yang ditemukan di Sri Lanka ini terdiri dari 3 jenis, yaitu 0.35 karat, 0.55 karat dan 0.56 karat.

Serendibite pertama kali ditemukan di Sri Lanka pada 1902. Kemudian pada 2005 di wilayah Myanmar ditemukan juga batu jenis ini. Kata Serendibite berasal dari kata Serendite, istilah Arab kuno untuk menyebut Sri Lanka. Keunikan yang ada pada batu ini adalah formula yang tidak biasa yaitu kalsium, magnesium, aluminium, silikon, boron dan oksigen untuk jenis yang paling terlangka.

 

5. Batu Jadeite 109,4 Miliar Rupiah

Batu akik jenis ini merupakan batu akik terlangka dan paling mahal di dunia. Dahulu batu ini hanya bisa ditemukan di Guatemala dan umumnya berwarna hijau, putih atau keabuan. Selain ditemukan di Guatemala, batu ini dilaporkan ditemukan juga di California, Amerika Serikat, Myanmar, Selandia Baru, Kazakhstan, Rusia, Kanada dan Italia.

batu jadeite

Batu yang sempat menjadi misteri selama beberapa tahun ini memiliki nilai lebih dari 3 juta dolar per karatnya atau sekitar 39 miliar rupiah sehingga tak heran di Hongkong pada 1997 lalu, sebuah kalung dan untaian batu Jedaite terjual seharga 9.3 juta dolar atau sekitar 109,4 miliar rupiah.

Rekor ini dipecahkan pada November 1997 di Cristie Hongkong Sale. Harga super fantastis ini didasarkan pada pengujian laboratorium internasional untuk dapat diperdagangkan. Penilaian harga dan kualitas ditentukan bukan hanya satu orang peneliti, melainkan juga diuji oleh beberapa peneliti dan melalui tahap pengujian di laboratorium.


Sumber: sibolot

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image