Kabardewata.com

Cerita Bersambung

Preman vs Pocong Bag. 6

Kategori Cerita Bersambung, October 09, 2015, Dilihat sebanyak 266 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Tali pocong Saropah emang sudah dibalikin. Tapi dendam kesumatnya sepertinya masih menyala. Setelah di usir oleh Pak Ustad, Saropah kaga ada kapok-kapoknya neror gue ma Udin. Anik mpe minta cerai dari Udin gara-gara kaga mau ikutan di hantuin si Saropah. Pernah saat Anik masak di dapur, tiba-tiba dari kompornya keluar asap yang aneh. Asap itu menggumpal lalu berubah bentuk menjadi sesosok pocong. Sebagai suami bukannya melindungi, si Udin malah sibuk sembunyi di balik daster si Anik. Dari situlah akhirnya Anik menggugat cerai.

*****

Tok, Tok, Tok .....

Siapa sih yang malam-malam ngetok pintu, batin gue menggerutu

" Siapa di luar ? " tanya gue setengah berteriak

" Gue, Man. Bukain pintu dong !! " suara cempreng Udin nongol

Dengan malas-malasan gue ngebukain pintu. Di balik pintu sudah berdiri si Udin sambil ngebawa-bawa senter ma kentongan.

" Emang ada apa Din ? "

" Temenin gue ngeronda Man " Udin memelas

" Ogah !! gue kira mau ngajakin makan malam " Ujar gue, Udin bengong

" Weeew .... jangan nuduh donk !! " sahut Udin mendelik sewot

gue balik masuk ke dalam rumah, tak lupa gue nutup pintu sekeras-kerasnya. Sebelum bener-bener ketutup, tuh pintu masih sempet mampir ke jidat Udin, jadilah tuh anak keki berat.

Tok,Tok,Tok .....

" Ayo dong Man, gue takut sendirian " Kata Udin setengah merana dari balik pintu

" Emang yang lain pada kemana ? "

" Sueb kaga bisa jaga karna sakit, Otong ketiduran, Samsul cuti ngelahirin .. eh maksud gue istrinya ngelahirin " jawab Udin. Gue bengong, sebel tingkat peranakan. Akhirnya gue kaga tega juga ngebiarin si Udin ngeronda sendirian. Takut ngilang aja tuh anak, pindah ke rumah janda Zubaedah. Nah, si Zubaedah nih kakak kandung si Saropah. Gue beranjak dari tempat tidur, lalu pamitan ke Emak

" Mak, Parman ngeronda dulu " Gue nyamperin emak yang lagi baring-baring di kamar.

" Hati-hati Man ! kalo ketemu Saropah, lu ngadu aja ke Pak Ustad " ujar emak ngingetin, meskipun perasaan gue itu sih kaga ngingetin tapi nakut-nakutin.

" Oh ya Man, Lu tadi udah makan ? " emak nanya. Gue terharu atas perhatian Emak. Pelan, gue ngangguk hampir nangis sesenggukan.

" Sendoknya masih utuh kan ? kaga ketelen lu ? Bukannya apa-apa, cuman sendok di rumah kan tinggal 2 biji, Emak takut ntar kaga punya sendok lagi buat nyiduk sayur " gue bengong, sementara si Udin cekikikan ngetawain gue.

Malam yang dingin. Suara jangkrik bersahut-sahutan. Gue jalan beriringan dengan Udin. Mata masih ngantuk tapi demi pertemanan mau kaga mau, gue kepaksa mau. Masih trauma dengan pocong Saropah, jalan gue rada kurang tenang. Nyampe di pos kamling, gue langsung selonjor nglemesin badan di balai-balai. Sementara Udin duduk di atas sebuah batu besar sambil naikin sarungnya mpe sebatas bahu.

" Kog sepi begini Din, Pak RT mana ? Otong mana ? " cerocos gue

" Lah nih anak, dah di bilang mereka kaga bisa hadir " jawab udin mangkel. Gue cuma melengos masa bodo. Sepi banget, kaga tau pada kemana hewan-hewan malam yang biasanya bernyanyi. Tumben kaga ngeluarin suara.

Tiba-tiba dari balik semak ada suara mencurigakan

Kruseeekk ... krussseeekkkkk ...

" Suara apa tuh Man ? " tanya Udin, gue menggeleng.

" Coba lu tengokin Din ! " perintah gue

" Ogah, gue takut " tolak Udin

" Ah elu, dasar cemen " ledek gue kesel sambil berjalan menghampiri semak-semak di belakang pos. Celingak-celinguk gue mastiin apa yang ada di baliknya. Kosong, gue kagak nemuin apa-apa kecuali seekor kucing.

" Eh Man, gue tinggalin sebentar ya ! gue mau ngeronda di rumah Zubaedah, sapa tau tuh janda lagi kehilangan sendalnya ! gue mau bantuin nyari " Udin sok-sok jadi pahlawan berusaha ngehindar dari tugas jaga

" Dasar kupret, mang lu niatnya ngajakin gue cuman buat jadi pengganti lu ? " protes gue sewot. Udin cuman diem, berfikir sejenak.

" Ya udah kita bedua aja keliling kampung " ajak Udin. Gue pun setuju. Jadilah kami berdua ngiterin kampung. Tapi yang bikin gue heran, Udin selalu ngajak nglewatin belakang rumah si Janda kembang. Rumah itu memang sunyi, ada sumur dan kamar mandi di luar rumah utama. Sedikit remang-remang karena penenerangan lampu yang hanya 5 watt. Ada jendela kecil yang menghubungkan antara dapur dan halaman belakang rumah, di atas jendela itu terdapat ventilasi. Udin berjalan melangkah mendekati jendela itu. Ngintip-ngintip persis maling. Gue semakin heran sembari mengeryitkan dahi. Lama Udin berdiri di situ, penasaran ... guepun ngikut jejak Udin.

" Liat apa'an sih lu Din ? "

" Itu Man, ada cewek cantik lagi duduk di kursi meja makan si Zubaedah " jelas Udin

" Mana ? Kaga ada tuh " pandangan gue menyapu ke sekeliling rumah Zubaedah.

" Di dalam dongok ! " Udin ngejendul kepala gue. Setelah gue ngintip, ternyata beneran yang di katakan si Udin. Ada cewek yang lagi nangkring di kursi meja makan. Pake daster putih dengan rambut panjang tergerai indah. Kaki Udin mancit di atas pot yang ada di halaman belakang dekat sumur. Kami berebut ngintip, saling dorong mendorong, akibatnya si Udin jatoh gedebukan. Dia meringis kesakitan, tinggal gue yang asyik mentelengin tuh cewek. Sepertinya dia tau ada yang ngintipin lalu nengok kearah gue seraya menyeringai dan tertawa cekikikan.... Masyaallah, muka tuh cewek begitu menakutkan. Persis Kuntilanak, apa emang kuntilanak ya ?? Ach bodo ! ngapain gue musti nyari tau biodata tuh cewek.

" Diddd ... diiinnn ... itt ... iiittuu kutil ... itu kutil " geragapan gue ngasih tau Udin

" Kutil siapa ? " dengan begonya Udin bertanya

" Kutil Din, kkkuuuttil anak "

" Hallaa, orang yang kutilan masih anak-anak ngapain lu ribet " jawab Udin nyantai. Gue semakin melotot. Kaga peduli ma Udin yang masih ngeyel, buru-buru gue kabur dan angkat kaki dari rumah itu. Badan gue montang-manting kaga karu-karuan, ninggalin Udin yang masih berusaha mancit lagi di pot. Sekian detik kemudian, dari kejauhan gue ngliat pocong Saropah nongol di pinggir sumur. Mungkin ngerasa kali, tanpa sengaja Udin nengok kearah sumur. Mukanya jelas terkaget-kaget. Reflek dia balik kanan mau lari. Naas, belakang Udin pas tembok kamar mandi ... begitu putar balik, tuh karung beras langsung nyantap dan kejedot dinding. Sukses dia pingsan.

Pagi harinya ....

Udin keluar dari balik kamar, sambil kepalanya dililit perban. Entah gimana kejedotnya mpe parah begitu. Gue jadi ngerasa bersalah, tersiksa setengah mati. Udin ngerintih tertahan.

" Maafin gue atas kejadian semalam Din, tapi ada kabar gembira buat elu " ujar gue

" Kabar apa'an ? "

" Bang Jono mau nengokin elu " jawab gue sambil meringis

" kapan ? "

" Besok "

" Hari apa ? "

" Jum'at "

" Mau ngapain ? " tanya Udin lagi

" Nengokin elu "

" Hari apa Man ? " Udin megangin kepalanya

" Jum'at besok "

" nengokin gue ? " giliran gue yang pening

PLLAAK ...

Udin nyengir ngenes. Keterlaluan nanya di ulang-ulang, gerutu gue. Saat nongkrong di teras si Udin itulah, si Zubaedah lewat. Dia memang cantik, pantas si Udin tergila-gila. Bola mata kami mpe kaga berkedip ngliat kemolekan tubuh janda muda itu.

" Permisi bang, Zubaedah numpang lewat ya " ujarnya sopan. Kami berdua kompak ngangguk.

" Dari mana Zub ? mau di bantuin nih ma abang ? " tanya Udin sok akrab

" Kaga usah bang " Zubaedah tersenyum manis.

" Ckckckck, Mulan tuh Din "

" Mulan gimana maksud elu Man ? "

" Mulan, Nemu di Jalan " Kami cekikikan sambil terus melototin janda muda tersebut. Saat mau berbelok ke gang sempit, sosok yang tadinya Zubaedah tiba-tiba berubah menjadi sosok lain. Kunciran plus iketannya yang mirip permen bener-bener ngingetkan gue pada Saropah. Sontak, kami angkat bokong.

" Pocc ... poooccc ... poooccccooonnggg ... aaaarrrgggghhhhhhkkkk " tereak kami hampir berbarengan lalu lari tunggang langgang. Udin kaga jelas kaburnya. Padahal masih berada di area rumahnya. Entah dia ngilang kemana, gue pun kaga terlalu meduliin. Gue cuman berdoa semoga Udin kaga nyebur got.

Anehnya setelah ngilang beberapa menit, Udin balik lagi masih dengan berlari-lari panik.

" Kog elu sembunyi kaga ngajak-ngajak Man ? gue tersesat mpe ke rumah Zubaedah. Dari situ Pocong Saropah dah Stand by di depan pintu. Gue berusaha ngehindar, tapi apes tuh pocong ngejorokin gue ke empang " Udin ngomel-ngomel menggerutu, wajahnya udah belepotan lumpur, bajunya bau comberan. Gue nelen ludah, kaga bisa ngebayangin kejadian yang di alamin Udin barusan. Akhirnya gue nyalamin Udin lalu secepat kilat kabur pulang ke rumah. Tinggal Udin yang terbengong-bengong sendirian.


Sumber: Dee Vaajjhalah Ga'pakeAmor

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image