Kabardewata.com

Cerita Bersambung

Preman vs Pocong Bag. 5

Kategori Cerita Bersambung, October 08, 2015, Dilihat sebanyak 401 kali, Post oleh Rusadi Nata


Jono ngilang, gue panik ... Udin juga .. Emakpun nggak kalah paniknya gara2 obat nyamuk pesenannya belum ketahuan nasibnya. Sambil ngajak Udin, akhirnya gue pergi ke warungnya mak Minah. Gue kagak peduli ma Udin yang mencak2 gara2 gue tarik kolornya. Yang ada di pikiran gue waktu ntu, secepatnya gue musti tanya gimana kronologisnya hingga Jono raib.

Sesampainya di warung ...

Sengaja gue diem2an aja nyari Jono ... gue malu ketauan, gimana ceritanya mpe bos preman bisa di culik pocong.

Gue masuk dan duduk, Udin ngikutin. Gue naikin kaki di bangku kayu, Udinpun ngikutin. Terakhir, gue ngebuka bungkusan rokok, menyalakannya lalu menyedotnya hingga dalam dan penuh kenikmatan, dan Udinpun ...... gigit jari. Beruntung masih ada sedotan di sebelah Udin ...

Semua yaπƍ ada di warung situ, memandang tingkah laku gue ma Udin. Penduduk setempat emang sudah mengenal gue, dan apa yang gue kerjakan dikota. Sedikit banyak mereka takut ke gue.

Kadang gue kagak ngerti, Kenapa gue lebih seneng punya predikat preman. Bukannya lebih enak di sebut tukang tambal ban dari pada di panggil preman ? tapi terkadang juga gue mikir, bukannya nama gue nggak jauh beda ma nama preman. Sama2 berawalan ' P ' dan berakhiran ' aN ' ? astaga, gue baru nyadar kalo ternyata masyarakat nggak salah sebut nama panggilan gue " Man ". Argh, kog malah jadi ribet sih mikirin yang begituan.

" No, kesini bentar ! Lu tau kagak kemana perginya temen gue ? " tanya gue ke penjaga warung

" Temen yang mana to mas? " tanya Tarno balik

" Yang item legam, kumisan dan bertato gambar kupu-kupu itu loh kang " Udin nyaut

" Oh yang tadi datang sama kamu itu to Din ? " Udin manggut-manggut kayak marmut

" Tadi waktu Udin mesen rokok, dianya keluar warung mas, trus kayak nemuin seorang cewek gitu. Trus jalan ke arah selatan ngikutin itu cewek " terang Tarno.

" Lah itu kan arah makam ? sahut gue dengan dahi mengkerut agar terkesan rada sangaran dikit

" Iya mas, betul dia kearah makam "

Gue manggut-manggut, Udinpun ikutan manggut-manggut ... Gue berfikir sejenak, Udin pun ikutan mikir ... kesel ma gerakannya, reflek gue sikut tuh karung beras. Udin meringis kesakitan.

Mpe penjaga warung ikutan ngeri ngliat gerakan gue. Lalu buru-buru menunduk, mukanya memucat, tatapannya ke bawah meja. Gue bengong, penasaran dengan apa yang diliat pemuda itu. Kecewa ! karena gue cuman nemuin adanya seekor kucing di bawah meja. kucing itu memandang gue, gue bales memandang tuh kucing.Sedih, kenapa Tarno lebih mempercayakan pandangannya ke kucing dari pada ke muka gue. Sebegitu parahkah muka gue ??

Berbekal informasi dari Tarno, buru2 gue ngajak Udin ke makam. Tak lupa gue ma Udin nyamperin seorang Ustad yang amat terkenal di kampung gue. Panjang lebar gue bercerita tentang jalan sesat yang dah gue tempuh

" Astagfirullahaladzim­, kenapa sampai melakukan hal seperti itu mas Parman ? " tanya pak Ustad

" Gue khilaf pak Ustad, maka dari itu gue pingin tobat. Tapi gue minta tolong, bantuin nyariin temen gue pak Ustad " rengek gue memelas. Alhamdulillah dengan segala pertimbangan, akhirnya tuh Ustad nyanggupin

" Ya sudah, mas Parman ma Udin pergi dulu ke makam. Pancing arwahnya si Saropah buat nemuin mas Parman. Saya akan segera datang ke TKP beserta keluarga Saropah "

" Ah , aku nggak ikut Man " tolak Udin sembari begidik ngeri

" Lu harus ikut Din, nemenin gue ke makam " paksa gue

" Tapi Man, aku udah ada janji mau nganterin tetangga kampung sebelah mau beranak " Udin beralasan

" Mang apa hubungan lu ma tetangga kampung sebelah Din ? " Udin nunduk sebentar lalu ngegeleng kenceng

" Jangan khawatir, saya akan membekali kalian dengan rajah asma Allah, insyaallah arwah Saropah nggak akan berani mendekat ke kalian " sahut Ustad, seakan-akan tau kegalauan gue. Akhirnya gue lega, setelah nerima pegangan dari pak Ustad dan memohon doa restu pak Ustad ... gue nyeret Udin lagi ke arah makam. Tuh anak berontak nggak karu-karuan, gue kagak peduli. Tak berapa lama sambil narik badan Udin, kami nyampe tepat di pintu masuk makam.

" Lu masuk duluan Din " gue ngedorong-dorong badan si Udin

" Tidak Man, jangan paksa aku ! "Tolak Udin teges. Gue mendelik, Udin mengkerut lalu meralat kata2nya

" Kayaknya kita datang di waktu yang kurang tepat Man "

" Maksud lu ? " gue ngelirik heran kearah Udin

" Iya, harusnya kita datang saat si Jono sudah di keroyok tuh pocong ma temen2nya, udah bengep semua, udah terseok-seok jalannya karena kebanyakan nyandung2 nisan saat lari " ujar Udin ngaco

" Eeeerrrrrr ..... " gue ngamuk, reflek Udin nutup mulutnya dengan kedua tangannya

Malam semakin gelap, Udara malam semakin dingin. Suasana di makam itu begitu hening dan sepi. Gue ragu2 masuk ke makam. Sedetik, dua detik, semenit, dua menit ... gue belum nglaksanain aksi gue. Masih ngliat situasi, celingak-celinguk, ngedip-ngedipin mata ... terakhir, nyisir rambut gue dengan jari.

Tiba-tiba di antara keragu-raguan gue, pandangan gue tertambat pada sosok wanita cantik yang berdiri di antara pohon Akasia di luar area makam. Cewek itu imut abis, cantik, bergaun terusan merah marun, berkuncir kuda.

" Din ada cewek " gue nyenggol tangan Udin

" Mana Man ? " mata Udin berputar mencari-cari sosok yang gue maksud. Kebablasan, tuh mata berputar mpe juling-juling. Heran, tuh buntelan kenapa begitu cepat bereaksi kalo denger cewek cantik ada di sekitaran dia.

" Tuh di bawah pohon Akasia " tangan gue nunjuk kearah cewek itu.

" Jan .. jaaangan-jangan itu hantu Man, masa' tengah malam begini ada di deket kuburan " Gue curiga juga begitu ngedenger ucapan Udin. Saat gue mandeng curiga, kagak taunya tuh cewek dateng nyamperin kami

" Bisa minta tolong mas ? " Cewek itu ngeluarin kata2

" Tuh kan Din, apa gue bilang. Tuh cewek asli buatan Emak ma bapaknya. Beda ma lu yang di buat dari tepung terigu " kata gue ngeyakinkan Udin

" Bisa kan mas ? , saya cuman minta tolong di anterin ke perempatan jalan itu, saya takut sendirian " cewek itu nunjukin jalan utama di depan makam. Gue bengong, Udinpun nggak kalah bengongya. Lah, tuh perempatan kan biasanya deket di pandang mata ? kenapa malam nih nampak begitu jauh ?

" Saya dari jauh mas, mau ke kerabat. Tapi duit saya di palakin ma tukang ojek, trus saya di turunin disini. Semua barang2 saya di bawanya. Tinggal sehelai pakaian yang nempel di badan saya aja yang tersisa " tuh cewek cerita sambil terisak. Gue ma Udin saling berpandangan

" Untung saja saya nggak diperkosa mas .. hiks ... hiks .. hiks " tangis cewek itu semakin pecah

Cleeepp ...

Kalimat itu mengena di hati gue. Selama ini gue sering malakin, kagak peduli orang laki, perempuan, tua .. muda. Bedanya, gue kagak pernah mpe memperkosa. Serasa mau nangis, pingin nangis sambil meluk-meluk tuh cewek. Dada gue sesek, perasaan dan imajinasi gue terseret cerita dia. Gue ngebayangin andai jadi dia ( tapi gue kagak mau ngebayangin gimana cantiknya diri gue kalo rambut gue di kuncir-kuncir kayak rambutnya ) Tapi mana ada mantan Preman nangis ? Gue nglirik Udin ... tapi Udin ngilang, saat gue cari2 ternyata si Udin udah berpindah ke pojokan gapura makam, sembari nangis-nangis menyayat hati, tangannya ngegebuk-gebuk tembok pembatas makam, dramatis sekali. Rupanya Udin ikutan ngrasain derita tuh cewek

" Udah Man, anterin yuk ! kasihan tuh cewek " ajak Udin, gue ngangguk. Bertiga akhirnya kami jalan. Aneh, perempatan jalan yang harusnya deket dari makam, kenapa tau2 jadi begitu jauhnya ? batin gue. Tuh cewek jalan mendahului, Gue ma Udin pas di belakangnya. Semilir angin bertiup semakin dingin, entah kenapa sekian detik bulu kuduk gue berdiri. Perasaan gue mulai kagak enak.

Tiba-tiba ....

" Diidd ... Diiiinnn ... liat punggung cewek itu ! " tangan gue nunjuk-nunjuk tuh cewek, badan gue menggigil. Pandangan Udin ngikutin arah telunjuk gue .... kami bedua sama sekali kagak ngedipin mata melihat pemandangan di depan. Punggung tuh cewek berlubang, di penuhin belatung. Seperti borok yang sudah membusuk dan baunya sangatlah anyir.

" Kog lobang Man ? itu ... iitt ... iiituuu pasti ...... Sun ... Sunnn ... Sundel bolooooonnngggg " Udin terkaget-kaget lalu mencelat kabur ..... sembari berteriak-teriak kalap, lari mpe ngepot-ngepot

" Tolong ada Sundeeeeellll ... ada Sundeeeelll ... " Tubuhnya gesit, terkatung-katung antara lompat dan mengayunkan kaki. sesekali muteri pohon lalu lari lagi ... terakhir gue liat si Udin tiarap dengan sukses. Semaput mungkin. Gue merhatiin kejadian itu hingga beberapa detik, tanpa gue sadarin tuh cewek udah ngilang .... ternyata gue sudah berada di tengah makam. Gue semakin bingung ... gue baru nyadar bahwa yang barusan gue anter adalah sesosok sundel bolong penghuni makam angker ntu. Belum hilang keheranan gue ... Sekelebat bayangan sudah bermain-main di depan mata gue ... kaki gue kaku, badan gue gemeter, nyali gue mengkerut. Gue tau siapa yang sedang gue hadapin ... Pocong si Saropah ... iya benar, pocong si Saropah sedang mengitari gue ....berpindah-pindah­, dari satu nisan ke nisan yang lain. Melompat beberapa kali di tempat, lalu terbang nyirip kesamping ... Mukanya merah menyala, penuh dendam.

" Parmaaaaannn ... Parmaaaaannn ... hihiihihihiihihihihi­hii " Suara itu menggema, gue harus memberanikan diri .. kagak boleh takut. Gue harus pulang ngebawa Jono ma Udin plus obat nyamuk Emak. Apa jadinya kalo gue pulang kayak tentara yang kalah sebelum berperang ? Gue pasti malu ma Emak, malu ma tetangga kiri kanan, malu ma pak RT, malu ma kambing2 piaraan Warto sahabat gue ... yang paling utama, malu ma Anik yang selama ini gue taksir mati-matian dan keseringan nolak gue idup-idupan ( Nah loh, apa hubungannya )

" Hey ... Cong, balikin Jono ! gue tuker ma tali pocong punya lu " rada bergetar suara gue ... antara takut dan nyoba berani.

" Parmaaaaannnn .... hihihihiii ... " Pocong itu seakin muter-muter disekitaran gue ... kayaknya dia kagak bisa mendekat kearah gue ... slompret nih pocong, mata gue mpe ikutan muter2 gara-gara ngikutin gerakan dia. Pocong Saropah kagak mau diem di tempat ... terus maju, lalu merangsek berusaha ngedeketin gue. Kali ini gue yang keder ... nyali gue jadi tape , kenapa nih pocong kagak ada mundur2nya sama sekali ? berkilo-kilo pertanyaan seakan menimpa otak gue

Saat-saat bahagia akhirnya datang. Pak Ustad dan penduduk nongol membawa obor menuju kearah makam. Hilang sudah ketakutan gue, rombongan pak ustad segera membentuk lingkaran. Entah apa yang di ucapkan pak ustad, yang gue liat cuman gerakan mulut pak ustad. Sementara penduduk lainnya berkomat-kamit membaca doa. Sementara pocong si Saropah masih berkeliaran di antara nisan ke nisan, dan brenti di salah satu dahan pohon beringin

" Parman, mana tali pocong si Saropah ! " tanya pak ustad, buru2 gue berlari kecil menghampiri beliau, lalu menyerahkan kotak kecil yang sudah sedari tadi gue bawa dari rumah. Tak berapa lama kemudian pak ustad membakar tali pocong tsb.

Lalu, terdengarlah suara jeritan yang memecah keheningan malam itu

" Aaaaaaaaarrrrgggghhh­hhhhhh ...... hihihihihiiiiii ...... Aaaaaarrrggghhhhh " suara perempuan ngejerit histeris, seperti menahan sakit. Sekian menit kemudian, suasana kembali sepi . Gue liat tuh ustad ngusap mukanya dengan kedua tangannya.

" Alhamdulillah, semua sudah berakhir mas Parman. Asal anda berjanji tidak mengulangi jalan sesat seperti itu lagi " ujar pak ustad nasehatin. Gue manggut2 nyesel ... nyesel karena harus tersesat di jalan yang salah selama ini.

sudah hampir subuh saat penduduk berpencar mencari si Jono dan Udin ... lagi2 keduanya di temukan tergeletak di atas makam si Saropah. Dan dari penjelasan penduduk pula, akhirnya gue tau bahwa aki dukun tempat gue meminta jimat adalah orang sableng alias gendeng. Penganut dan pecinta ilmu hitam ... kagak kuat ngelakoni ilmunya hingga aki dukun itu jadi gila.

Pagi menjelang ...

Kejadian semalam serasa mimpi. Tapi dari semua kejadian yang gue alami, ada hikmah tersendiri buat gue. Akhirnya gue tobat dan belajar ngaji di pak ustad, Jono balik ke Jakarta. Entah gimana kabarnya sekarang. Dan si Udin .... nikah ma si Anik, cewek yang gue taksi


Sumber: Dee Vaajjhalah Ga'pakeAmor

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image