Tingkatkan produktivitas dengan mengoptimalkan lingkungan kerja Anda

Tingkatkan produktivitas dengan mengoptimalkan lingkungan kerja Anda

Bagi kebanyakan pengusaha, keuntungan seringkali dikorelasikan dengan produktivitas. Dari waktu ke waktu, bahkan seorang pengusaha bisa menjadi tidak fokus pada pekerjaan.

Walaupun Anda terlihat sangat sibuk, Anda mungkin merasa bahwa Anda tidak menyelesaikan apa pun.

Solusinya adalah menggunakan waktu Anda dengan baik dan menjadi lebih efisien. Berikut ini merupakan empat pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri Anda sendiri sehingga Anda dapat menentukan bagaimana cara meningkatkan produktivitas dan mengoptimalkan lingkungan kerja Anda.

Dimana Anda dapat bekerja dengan baik?

Suka atau tidak suka, lingkungan kerja Anda dapat mempengaruhi atau memberikan efek pada kemampuan Anda untuk menjadi produktif.

Beberapa pengusaha bekerja dengan lebih baik pada ruang isolasi dengan sedikit suara dan gangguan. Individual seperti ini harus menghindari lingkungan yang ramai seperti kafe.

Beberapa pemilik bisnis lebih menyukai bekerja dalam atmosfer yang sibuk dan ramai. Mereka bahkan menyalakan TV atau mendengarkan musik selagi mereka bekerja.

Jika hal ini terdengar familiar bagi Anda, maka suara – suara atau lingkungan yang sibuk tidak lagi menjadi sebuah gangguan bagi Anda, melainkan menjadi energi bagi diri Anda. Pastikan Anda bekerja dalam ruangan terbuka dengan background suara yang ramai.

Kapan waktu yang paling nyaman untuk Anda dalam menyelesaikan pekerjaan?

Setiap orang memiliki ritme uniknya masing – masing. Seorang pengusaha mungkin saja memiliki semangat yang tinggi di pagi hari dan mampu menyelesaikan banyak tugas sebelum siang. Dan kemudian produktivitas mereka menurun menjelang siang.

Jika Anda tidak yakin mengenai waktu Anda dalam bekerja secara efektif, pantaulah jadwal pekerjaan Anda untuk beberapa hari. Sadari fluktuasi alami Anda dalam bekerja dengan tingkat energi yang tinggi dan kemampuan kognitif Anda. Kemudian rencanakan hari kerja Anda untuk memaksimalkan ritme tubuh Anda.

Bagaimana Anda memprioritaskan tugas?

Evaluasi bagaimana cara Anda menangani pekerjaan yang berlebihan. Beberapa pengusaha memiliki beberapa proyek yang harus dikerjakan sekaligus. Karyawan, klien, tugas, email, dan meeting membutuhkan perhatian setiap harinya.

Ketika semua pekerjaan Anda terlihat sangat penting semua, bagaimana cara Anda memutuskan mana yang harus Anda kerjakan pertama kali? Jika Anda tidak memiliki sistem, buat sebuah strategi untuk memprioritaskan dan menangani pekerjaan Anda.

Sediakan beberapa waktu pada jadwal Anda untuk menyelesaikan tugas besar dan memakan banyak waktu. Selesaikan tugas yang besar terlebih dahulu di pagi hari. Kemudian kerjakan tugas – tugas kecil lainnya pada siang hari.

Ketika hari Anda berjalan, Anda mungkin akan mengalami gangguan atau penundaan. Sangat mudah untuk mengirimkan email diantara waktu meeting tetapi sangat sulit untuk mencari waktu yang tepat untuk melakukan brainstroming yang mendalam.

Jadi buatlah sebuah deadline. Untuk proyek yang besar, buat sebuah deadline personal satu atau dua minggu sebelum waktunya Anda melakukan presentasi kepada klien atau pemegang saham. Hal ini akan membuat Anda tetap berada pada jadwal dan memiliki waktu lebih jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan.

Apakah tekonologi membantu Anda fokus atau malah menganggu Anda?

Bisnis sangat bergantung pada teknologi. Hampir tidak mungkin menyelesaikan tugas tanpa bantuan alat elektronik, tetapi Anda harus selektif mengenai apa yang harus Anda berikan perhatian lebih dan berapa lama waktu yang Anda habiskan. Beberapa alat dapat membantu Anda untuk fokus selagi yang lain mungkin malah menganggu Anda.

Jika Anda ingin membatasi penggunaan email, media sosial, dan aplikasi online lainnya, cobalah menggunakan Freedom, aplikasi yang berguna untuk mengunci seseorang dari penggunaan internet hingga delapan jam sehari. Jika Anda sudah melewati waktu offline tersebut, maka Freedom akan mengijinkan Anda kembali menggunakan internet.

Internet merupakan sebuah tempat yang penuh dengan informasi, jika digunakan dengan bijak tentunya. Contohnya sebuah pencarian yang cepat dan berita artikel yang membuat Anda tetap mendapatkan informasi dan menambah pengetahuan Anda. Tetapi jika Anda ingin fokus pada pekerjaan Anda, maka membatasi penggunaan situs seperti Youtube, Facebook, Twitter, Google+, dan LinkedIn merupakan langkah yang bijak, terkecuali jika Anda memang menggunakan media sosial untuk bekerja. Jangan biarkan media sosial menghancurkan produktivitas kerja Anda.

Sebagai tambahan untuk mengoptimalkan lingkungan kerja kerja Anda, tentukan kembali jadwal dan kemampuan manajemen waktu Anda. Pantau terus produktivitas kerja Anda, sehingga Anda dapat menyelesaikan banyak pekerjaan dalam sehari.


Ditayangkan sebelumnya dari situs kerjayuk
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait