Kabardewata.com

Travel

Sudah Siap Travelling Sendiri? Berikut 5 Tips Cara Memaksimalkan Travelling Sendiri

Kategori Travel, July 15, 2018, Dilihat sebanyak 306 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Apakah Anda berencana travelling sendiri ke suatu tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya? Lakukan persiapan yang matang dan pelajari tips-tipsnya agar perjalanan yang telah Anda agendakan berjalan mulus. Berikut ini ada 5 tips travelling seorang diri yang akan menjadikan liburan Anda tak terlupakan seumur hidup.

Cara Memaksimalkan Travelling Sendiri

Salah satu cara untuk menikmati keindahan dunia yaitu dengan travelling. Di luar sana ada begitu banyak tempat-tempat yang indah dan dapat memanjakan mata yang sangat sayang untuk dilewatkan. Dengan mengunjungi destinasi wisata tertentu, Anda akan memperoleh kepuasan batin yang tidak akan Anda temukan di lingkungan Anda. Selain itu, keseruan akan semakin bertambah manakala perjalanan Anda didampingi dengan sahabat-sahabat atau orang terdekat Anda. Kehadiran mereka menjadi penyempurna liburan di tempat eksotis yang telah Anda damba-dambakan sebelumnya. Namun, kehadiran partner bukanlah suatu keharusan dalam travelling. Bahkan bisa dibilangtravelling sendiri akan menghadirkan tantangan dan sensasi tersendiri bagi yang menjalaninya.

Kita sangat tidak asing lagi dengan slogan “Gak Ada Loe, Gak Rame”. Bukan berartitravelling sendiri tidak ada seru-serunya atau ide buruk. Pasalnya, esensi dari travelling itu memanfaatkan momen liburan dengan sebaik-baiknya dengan perencanaan perjalanan yang matang serta memiliki tujuan yang terarah. Jika demikian, perencanaan travellingseperti apa sih yang akan menjadikan travelling Anda menyenangkan dan mengesankan?
 
#1 Memilih Waktu Travelling yang Tepat

Setiap orang tentunya memiliki kesibukan berbeda tiap harinya. Biasanya hari kerja mereka berlangsung mulai senin sampai jumat sementara 2 hari sisanya, yaitu sabtu dan minggu menjadi hari libur. Pada dua hari inilah waktu-waktu yang mereka manfaatkan untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata tertentu. Tak heran jika destinasi-destinasi liburan akan ramai pengunjung sehingga harga-harga naik, dimana salah satunya tiket transportasi. 
Maka dari itu, Anda yang berencana travelling sendiri sebaiknya memilih hari selain hari-hari weekend (sabtu dan minggu). Tujuannya agar Anda bisa mendapatkan harga akomodasi yang lebih rendah dari kedua hari tersebut. Selain itu, kondisi area wisata yang tidak begitu ramai akan meningkatkan kenyamanan karena Anda tidak perlu mengantri tiket masuk lebih lama dan tidak perlu berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya.
 
#2 Memanfaatkan Transportasi Umum

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan penggunaan kendaraan pribadi dalamtravelling. Karena Anda travelling sendiri, sebaiknya Anda memanfaatkan sarana transportasi umum saja saat mengunjungi suatu kawasan wisata. Dengan cara ini, biaya perjalanan akan lebih irit karena transportasi umum ongkosnya lebih murah daripada dengan kendaraan pribadi.
Yang tak kalah pentingnya, tetap utamakan keselamatan dan keamanan. Caranya yaitu dengan memilih angkutan umum yang layak serta keamanannya memadai. Anda bisa survei angkutan umum apa saja yang memenuhi kriteria tersebut dan tentunya memenuhi pertimbangan efisiensi waktu dan biaya perjalanan.
 
#3 Meminta Bantuan Kenalan Anda

Siapa saja yang ingin travelling sendiri tentu harus siap bermalam dimana saja. Hal ini berlaku jika destinasi wisata yang ditempuh cukup jauh dan memaksa Anda untuk mencari penginapan. Akan sangat menguntungkan jika Anda memiliki relasi yang bermukim di tujuan wisata Anda. Tinggal hubungi saja relasi Anda tersebut, dia akan senang hati membukakan pintu rumahnya untuk Anda bermalam. Hitung-hitung menghemat anggaran, pelayanan keramah-tamahan tuan rumah dapat menambah kebahagian serta kehangatan bagi seseorang yang bepergian sendiri. 

Di samping suasana kekeluargaan serta tarif yang nol rupiah, Anda sekaligus mendapatkan pemandu wisata gratis. Tanpa Anda minta, relasi Anda tersebut akan menawarkan diri mengantarkan Anda ke tempat-tempat wisata yang Anda tuju atau bahkan tempat yang belum Anda rencanakan sebelumnya.
 
#4 Selektif dalam Memilih Jasa Money Changer

Bagi Anda yang membidik luar negeri sebagai tujuan wisata, mau tidak mau Anda harus berurusan dengan money changer. Tujuannya tentu saja mengkonversi mata uang rupiah menjadi mata uang dollar atau mata uang Negara yang akan Anda singgahi. Tetapi tunggu dulu, tiap-tiap jasa penukaran uang (money changer) menetapkan harga yang berbeda-beda. Dalam hal ini, Anda wajib membandingkan harga antara satu agensi dan agensi lain yang Anda kunjungi. Kalau tidak mau bersusah payah mengunjungi satu agensi ke agensi lain, browsing aja di mesin pencarian. Di sana Anda akan disuguhi pilihan-pilihan money changer terpercaya dengan harga bersaing satu sama lain.

#5 Reservasi Hotel Secara Online

Menetapkan tujuan wisata biasanya sepaket dengan tempat bermalamnya. Biasanya hotel-hotel akan laris diburu para pelancong yang ingin menghabiskan beberapa hari di suatu destinasi wisata. Bahkan, hotel pun dapat dipesan jauh-jauh hari sebelum check inuntuk mengantisipasi habisnya kamar yang tersedia. Saat ini Anda telah dipermudah dengan sistem pencarian hingga reservasi berbasis online. Cukup bermodal laptop ataugadget dan koneksi internet, Anda tidak perlu repot-repot survei hotel tujuan ke tempatnya secara langsung. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan situs website atau aplikasi yang berafiliasi dengan hotel-hotel sekitar lokasi travelling yang Anda tuju.

Menariknya, ada beberapa hotel yang menawarkan harga promo serta diskon tertentu untuk pemesanan suatu kamar hotel. Tawaran ini bisa Anda manfaatkan agar mahalnya ongkos hotel dapat ditekan. Ada juga tawaran menarik berupa reward yang akan diberikan jika Anda memesan melalui situs website tersebut. Reward ini berupa voucherdiskon sebagai imbalan atas review yang Anda berikan pada hotel yang menjadi pilihan Anda.
 
Ekonomis dan Mengasyikkan

Travelling sendiri? Bukan masalah! Waktu libur yang tersedia dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Anda akan dapat merasakan serunyatravelling serasa berlibur ke tempat-tempat yang mahal. Lalu, apalagi yang Anda cari?
 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image