Kabardewata.com

Travel

5 Kuliner Khas Bali yang Wajib Anda Coba

Kategori Travel, April 29, 2016, Dilihat sebanyak 662 kali, Post oleh Admin Kabardewata


1. Blayag Raja



Kuliner ini menjadi agak langka karena ‘kalah’ dengan persaingan kuliner lainnya, apalagi kuliner western.Padahal rasa Blayag sangat enak. Nasi Blayag yang terbuat dari ketupat menambah sensasi lezatnya makan. Akan lebih nikmat lagi saat menikmati Blayag ditambah dengan kacang komak. Kini, Blayag mulai kembali dijajakkan terutama untuk wisatawan yang liburan kesini. Blayag raja memiliki komposisi berupa sayuran yang kemudian disiram dengan bumbu khusus yang sangat lezat.

2. Lontong Jukut Serapah



Makanan khas Bali selanjutnya adalah lontong jukut serapah. Nama makanan ini tentu sangat tidak enak didengar bagi masyarakat melayu. Namun, berbeda dengan masyarakat Bali. Lontong yang satu ini menjadi salah satu kuliner Bali favorit yang tidak boleh anda lewatkan kalau liburan kesini. Berbeda dari lontong pada umumnya, lontong jukut Serapah memiliki bentuk segitiga dan berukuran lebih besar, ada juga yang bentuknya bulat lonjong.

Lontong dipotong kecil-kecil dan disajikan bersama dengan berbagai macam sayuran yang telah direbus seperti bayam, nangka, pepaya, daun singkong, dan bunga pisang (jantung pisang). Kemudian disiram dengan kuah kental. Kuah lontongnya namanya telengis (hasil sampingan minyak kelapa dan santan kelapa yang direbus)

3. Nasi Tepeng Khas Bali

 

Nasi Tepeng merupakan salah satu makanan khas Bali khususnya daerah Gianyar. Makanan tradisional ini memiliki citarasa pedas menggoyang lidah.

Wajib dicoba oleh pecinta masakan pedas. Diramu dengan menggunakan berbagai rempah dan disajikan dengan sayur-sayuran seperti terong, kacang merah, kacang panjang, daun kelor, nangka muda dan kelapa parut membuat nasi tepeng semakin nikmat.

Biasnaya, nasi tepeng disajikan menggunakan daun pisang, ini menambah kesan alamni dan bisa menambah selera makan kita.

4. Serombotan Khas Bali

Serombotan merupakan makanan khas Bali yang mirip dengan urap kalau bagi orang jawa. Bagi masyarakat jawa tentu sudah tidak asing lagi dengan urap, kalau bagi masyarakat Bali mereka lebih mengenal Seombotan.

Serombotan sendiri terbuat dari berbagai jenis sayuran yang dicampur menjadi satu. Biasanya sayuran yang digunakan berupa bayam, buncis, kangkung, kacang panjang, terong, touge, dan pare.

Nah, yang berbeda adalah bumbu yamg diberikan, yaitu kalas. Kalas sendiri merupakan santan yang dicampurkan dengan kunyit tumbuk, bawang merah, lengkuas, bawang putih, kencur dan ketumbar.

Kalau anda tertarik untuk mencoba makanan khas Bali yang satu ini datang saja ke Singaraja. Anda bisa menemukan Serombotan dengan mudah di Singaraja. Selain di Singaraja, beberapa rumah makan berlabel Singaraja yang ada di seputaran Denpasar dan Kuta juga menyajikan menu ini.

5. Rujak Kuah Pindang Khas Bali

Makanan khas Bali selanjutnya adalah rujak Pindang. Rujak Pindang? Wah kok jadi kayak nama masakan ikan ya?

Rujak ini paling mantap kalau disantap sambil menikmati pemandangan pantai yang ciamik. Rujak pindang sendiri mirip-mirip dengan rujak pada umumnya, terbuat dari aneka buah-buahan yang asam dan manis, seperti buah bengkuang, kedondong, pepaya, belimbing, mentimun dan buah lainnya kemudian dipotong kecil-kecil.

Untuk kuahnya sendiri, rujak pindang dicocol atau disiram dengan bumbu rujak biasa dan kuah kaldu yang terbuat dari ikan, terasi, garam, dan cabai.

Pasti anda sudah tidak sabar lagi untuk menikmati rujak pindang bukan? Untuk ibu hamil sangat cocok sekali mencoban rujak pindang ini. Silahkan cobain aja langsung.

 


Sumber: Tempatwisataseru

Like & Share berita ini

loading...

1 Komentar

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Lainnya