Kabardewata.com

Teknologi

Trotoar Pintar Ini Menyediakan Jaringan WiFi Berkecepatan Tinggi

Kategori Teknologi, October 21, 2015, Dilihat sebanyak 91 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Trotoar pintar ini mampu memberikan akses data untuk keperluan download hingga kecepatan 166 mbps. Layanan akses internet melalui jaringan WiFi itu dibesut oleh perusahaan Internet asal Inggris, Virgin Media. WiFi pada trotoar ini diletakan di bawah tanah, sehingga jika dilihat dengan mata memang trotoar ini nampak biasa saja.

Layanan akses internet pada trotoar ini disebut Smart Pavement atau trotoar pintar, menurut Direktur Virgin Media, Gregor McNeil, layanan ini dihadirkan oleh mereka agar masyarakat dapat lebih mudah mengakses internet dengan kecepatan tinggi meski sedang di jalan. Selain itu, warga juga bisa memanfaatkan layanan ini untuk menunjang pekerjaan, membuat jaringan, atau memperluas pertemanan dengan orang lain.

Jika trotoar pada umumnya hanya menyediakan fasilitas penerangan jalan saja, berbeda dengan trotoar yang satu ini. Ya, jika Anda kebetulan sedang berada di Inggris, maka ketika Anda berjalan di sepanjang trotoar di Chesham, Buckinghamshire, Inggris, maka Anda akan mendapat jaringan WiFi super cepat.

Dalam menghadirkan teknologi smart pavement ini Virgin Media tidak bertindak sendirian, mereka membuat kerja sama dengan menggandeng Chiltern District Council untuk menghadirkan akses internet di trotoar. Teknologi ini menghubungkan gorong – gorong yang ada di bawah trotoar. Dengan begitu, seluruh jalanan Cesham seluas 14,5 hektar di Lowndes Park dapat menikmati akses internet berkecepatan tinggi.

Alasan Virgin Media menghadirkan layanan ini karena, di jalanan Cesham sendiri setiap harinya dilalui oleh kurang lebih 21.000 orang. Dengan jumlah yang sangat besar tersebut, Virgin Media ingin program yang sedang dicanangkannya. Dengan telah hadirnya layanan ini, masyarakat diminta untuk menghemat akses internet selulernya dengan beralih ke jaringan WiFi gratis.


Sumber: beritateknologi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image