Perusahaan Tekstil Asal Jepang Ini Produksi Mie Sehat Dari Kayu Pohon

Kategori Teknologi, November 20, 2015, Dilihat sebanyak 135 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Jika umumnya makanan mie dibuat dari bahan gandum, kali ini berbeda dengan perusahaan tekstil asal Jepang yang memproduksi mie dari kayu pohon. Ya, dari kayu pohon, hal ini terdengar cukup gila, pasalnya manusia tidak menggunakan kayu sebagai bahan makanan.

 

Seperti yang dilansir dari Gizmodo, Rabu (18/11/2015), perusahaan yang memproduksi mie dari bahan kayu dalah Omikenshi Co yang berbasis di Osaka, Jepang. Perusahaan tekstil yan sudah berdiri sejak 90 tahun lalu itu mengembangkan sebuah teknologi yang dapat mencampurkan serbuk kayu atau yang mereka sebut bubur kayu dengan jenis bahan pangan lain agar dapat diolah menjadi mie.

Para pekerja perusahaan itu menggunakan teknologi yang sama, antara membuat tekstil dan membuat mie, namun secara khusus bahan yang digunakan berbeda dan pastinya aman untuk manusia. Secara khusus mereka dapat membuat mie yang rendah lemak, rendah karbohidrat, rendah kalori, dan dan tanpa gluten. Sebagai contoh, mie yang terbuat dari gandum memiliki 1669 kalori per pon, sedangkan mie yang terbuat dari pohon ini hanya memiliki 27 kalori.

Perusahaan berharap, mie buatan mereka dapat menggantikan mie yang terbuat dari bahan gandum dan dapat digunakan sebagai pengganti untuk makanan ramen atau pasta. Mereka juga berharap perusahaa dapat mengirimkan mie tersebut ke negara lain, seperti Tiongkok yang masyarakatnya berjuang dengan epidemi obesitas.

Lantas bagaimana cara membuat mie pohon itu? Mereka memulainya dari serat selulosa yang terbuat dari bubur kayu atau disebut rayon, yang mana perusahaan membuat itu secara khusus. Bahan ini juga dapat dibuat sebagai bahan pakaian atau segala jenis kain. Untuk menghasilkan tepung mie khusus, yang mana mereka menyebutnya “Cell-eat”, mereka menggunakan proses manufaktur yang mirip dengan cara membuat rayon. Mereka mencampurkan bahan konnyaku (Sejenis umbi-umbian) dengan serat selulosa yang terbuat dari bubur kayu. Hasilnya terciptalah mie super sehat yang mana perusahaan juga mengklaim tekstur mie dari mie pohon tersebut lebih kenyal.

Selain menciptakan inovasi dengan membuat mie dari bahan kayu dan konnyaku yang terkenal pahit agar dapat dimakan dengan lebih baik, mereka juga bertujuan meningkatkan taraf ekonomi petani lokal Jepang. Bahkan Omikenshi menggelontorkan dana sebesar 8 juta USD untuk mendirikan sebuah pabrik yang berada di selatan Jepang. Pabrik itu dapat memproduksi 3 juta ton mie pohon dalam satu bulan dan mulai beroperasi pada tahun 2016 mendatang.


Sumber: beritateknologi

Like & Share berita ini

loading...

Tulis komentar anda.


You can use the following HTML tags: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>


CAPTCHA Image
Reload Image


KOMENTAR
HEADLINES POPULER BISNIS BALI


POST teknologi LAINNYA