Membayar dengan Google Hands Free Tak Perlu Mengeluarkan Ponsel Dari Saku

Membayar dengan Google Hands Free Tak Perlu Mengeluarkan Ponsel Dari Saku

Raksasa mesin pencari Google saat ini memiliki metode pembayaran mobile yang kita kenal sebagai Android Pay. Dengan layanan ini, kita dapat membayar menggunakan smartphone di outlet yang telah menerapkan sistem pembayaran ini. Namun ternyata Google baru-baru ini tengah menguji sistem pembayaran baru yang benar-benar terpisah dari Android Pay.

Seperti yang dilaporkan GSM Arena, Kamis (03/2/2016), metode pembayaran ini memungkinkan pelanggan yang ingin membayar, namun terkendala dengan penuhnya tangan karena harus memegang sesuatu. Salah satu contohnya adalah, ketika Anda berbelanja dan harus menggendong anak kecil. Atau bahkan bagi pengguna yang cukup malas untuk mengeluarkan smartphone mereka untuk menuntaskan pembayaran mobile.

Lalu bagaimana cara kerjanya? Cara kerja dari metode pembayaran ini adalah, pertama kita harus memiliki smartphone yang telah dilengkapi dengan Bluetooth dan WiFi, kedua jaringan nirkabel itu harus aktif terlebih dahulu. Bluetooth Low Energy dalam hubungannya dengan layanan lokasi yang disediakan sedangkan Wi-Fi mempersiapkan ponsel untuk pembayaran untuk berkomunikasi dengan beacon yang sudah terpasang di kasir.

Pelanggan yang ingin membayar hanya perlu mengatakan “Saya ingin membayar menggunakan Google”, maka kasir akan memverifikasi gambar dan inisial dengan pelanggan kemudian menyelesaikan pembayaran. Setelah beres, pemberitahuan kemudian dikirim langsung ke perangkat Anda, mengkonfirmasikan pembayaran Anda telah selesai.

Masalah yang sering dihadapi dengan jenis metode pembayaran semacam ini adalah mereka membutuhkan komponen hardware yang lebih untuk menggunakan Hands Free dan ini tidak seperti metode pembayaran menggunakan NFC yang mana metode ini masih terbatas di sebagain tempat saja.

Percontohan metode pembayaran ini baru diuji di South Bay Area, California di dua restoran, yakni McDonald’s dan Papa John’s. Google sendiri merupakan perusahaan teknologi yang terus mengembangkan inovasi baru untuk memudahkan kegiatan sehari-hari, dan ini salah satu contohnya. Namun Google tidak sendiri dalam hal inovasi metode pembayaran, karena ada PayPal dan Square yang juga berada di barisan depan dalam hal metode pembayaran mobile.


Ditayangkan sebelumnya dari situs Beritateknologi
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait