Kabardewata.com

Teknologi

Baju Pintar Bisa Deteksi Kesehatan

Kategori Teknologi, August 24, 2015, Dilihat sebanyak 135 kali, Post oleh Rusadi Nata


Jakarta - Wearable technology tak sekedar jam tangan pintar, gelang digital atau kacamata pintar. Seiring perkembangannya, istilah ini pun meluas. Bagaimana dengan baju pintar yang bisa mendeteksi kesehatan penggunanya?

Ya, tentu saja yang satu ini pun boleh dikatakan wearable tech karena pada dasarnya dipakai menempel pada tubuh. Sebuah t-shirt yang dibuat oleh perancang sport fashion Ralph Lauren, akan unjuk kepintaran melaporkan kondisi kesehatan Anda. 

'The Polo Tech Shirt,' demikian sebutannya, diklaim sebagai t-shirt pertama di dunia yang bisa melacak dan melakukan streaming data biometrik secara real time langsung ke smartphone atau tablet.

Seperti detikINET kutip Softpedia News, Rabu (27/8/2014), t-shirt ini punya spesifikasi cukup mengesankan. Ralph Lauren menghadirkan serat material biosensing silver ke rutinitas olahraga pemakainya. 

Kaus ini akan bisa melacak jarak, kalori yang terbakar, intensitas gerakan, detak jantung, tingkat stress dan masih banyak lagi. Bahan yang digunakan untuk pakaian ini pun menyerap kelembaban dan dirancang untuk meningkatkan sirkulasi darah serta peremajaan otot.

Selain itu, belum ada informasi lebih detail lainnya. Namun sepertinya, Ralph Lauren akan menyematkan perangkat kecil semacam ikat pinggang di sekitar pinggang pakaian tersebut. 

Ketika dipakai berolahraga, aplikasi di smartphone atau tablet akan memberitahukan ketika penggunanya tidak bernafas dengan baik, atau ketika detak jantung terlalu tinggi, bahkan untuk sekedar memberitahukan jika penggunanya perlu lebih aktif bergerak.

Mulai dijual tahun depan, Ralph Lauren mempromosikan pakaian pintar ini sebagai baju masa depan. Sayangnya, belum ada informasi mengenai kisaran harga yang ditawarkan.


Sumber: inet.detik

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image