Kabardewata.com

Teknologi

ArcaBoard, Hoverboard yang Paling Mendekati Nyata

Kategori Teknologi, February 15, 2016, Dilihat sebanyak 206 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Beragam penelitian dan percobaan telah dilakukan demi terciptanya papan selancar melayang (hoverboard) yang biasanya tampil pada film bergenre fiksi ilmiah. Namun sampai saat ini, belum ada yang dapat memenuhi ekspektasi. Entah karena keseimbangannya belum sempurna, bentuknya yang kurang menarik, atau daya tahan pakainya yang terlalu singkat.

Dari semua pembuat papan selancar melayang yang ada, menurut kami ArcaBoard lah yang paling mendekati nyata. Dibentuk oleh Arca Space Corporation, sebuah perusahaan yang bertempat di Amerika Serikat, telah berhasil menciptakan sebuah papan berbentuk matras bertenaga 272 dk yang digerakkan oleh 36 buah baling-baling kecil berkecepatan 45.000 rpm.

Ada dua varian ArcaBoard yang dapat dibeli, varian pertama dapat mengangkat berat hingga 80 kg, dan varian kedua dapat menampung berat hingga 110 kg. Varian pertama dapat mengudara selama enam menit dan varian kedua selama kurang lebih tiga menit. Keduanya dapat meluncur dengan kecepatan hingga 20 km/jam dengan ketinggian 30 cm. Keduanya pun menggunakan baterai Lithium-Polymer sebagai pusat tenaganya.

Meski terlihat aneh, namun ArcaBoard diklaim dapat melewati berbagai medan termasuk jalan berbatu bahkan di atas air.

Mungkin sisi buruk yang paling terlihat dari ArcaBoard ini adalah suaranya yang bising, dan juga daya tahan mengudaranya yang masih terlalu singkat ditambah pengisian baterai yang lama. ArcaBoard membutuhkan waktu sekitar enam jam pengisian daya dari nol persen hingga penuh, dan hanya setengah jam atau tepatnya sekitar 35 menit saja jika membeli charger spesial yang dijual terpisah.

Di masa mendatang, perusahaan ini mempunyai visi besar yakni membawa papan selancar melayang sebagai suatu benda yang ramai digunakan untuk menunjang aktifitas sehari-hari. “Beberapa tahun ke depan, di mana kita telah mampu menurunkan harga dari teknologi ini, sekaligus dapat meningkatkan performanya, saya sangat yakin bahwa papan seluncur ini dapat menunjang transportasi utama,” ucap Dumitru Popescu, pendiri Arca Space Corporation.

ArcaBoard sudah dapat dipesan dengan harga 19.900 dolar Amerika (sekitar 276 juta rupiah), charger spesial dengan harga 4.500 dolar Amerika (63 juta rupiah), dan baterai cadangan seharga 6.840 dolar Amerika (sekitar 95 juta rupiah). Selain itu, Arca Space Corp juga menawarkan penggantian onderdil sebagai bentuk garansi jika ada onderdil yang rusak selama pemakaian.


Sumber: d7news

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image