8 Cara Paling Mudah Menghemat Baterai Smartphone

8 Cara Paling Mudah Menghemat Baterai Smartphone

Baterai merupakan sumber tenaga utama dari sebuah smartphone. Tanpa baterai, ponsel pintar kamu tidak akan bisa berguna untuk mendukung aktivitas online maupun offline.

Kehabisan baterai pada momen-momen penting sangatlah menyebalkan, kegiatan jejaring sosial terhenti, tidak bisa berfoto selfie, mata gaya saat lagi santai hingga tak bisa mengecek rute perjalanan. Banyak kerugiannya timbang keuntungannya.

Supaya kamu tetap bisa online dan tidak khawatir kehabisan baterai, berikut ini adalah 8 cara paling mudah menghemat baterai tanpa perlu menambah powerbank dan aplikasi tertentu.

1. Jangan Gunakan Auto Brightness

Layar merupakan salah satu faktor yang membuat baterai cepat boros. Untuk menghemat baterai, sebaiknya jangan gunakan auto brightness. Tampilan layar yang diatur dengan pengaturan auto brightness biasanya lebih terang dibandingkan dengan kebutuhan. Smartphone Anda akan lebih hemat baterai jika pengaturan brightness atau tingkat kecerahan dilakukan secara manual.

2. Atur Screen Timeout Lebih Singkat

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai adalah dengan mengatur screen timeout (batas waktu aktif layar) menjadi lebih singkat. Misalnya, jika sebelumnya layar smartphone Android Anda akan nonaktif setelah 1 menit, ubah menjadi 30 detik. Caranya, masuk ke menu 'Setting' kemudian pilih 'Display' dan kemudian pilih 'Screen timeout' dan pilih ke waktu yang lebih singkat, misalnya 30 atau 15 detik.

3. Matikan Notifikasi Getar dan Aplikasi

Penggunaan fitur getar pada smartphone juga dianggap sebagai salah satu hal yang membuat baterai cepat habis. Untuk langkah penghematan, matikan getar untuk panggilan masuk.

Pengiriman notifikasi aplikasi juga membuat baterai cepat habis. Atur aplikasi tersebut supaya tidak mengirimi notifikasi. Cara ini bisa membantu menghemat baterai smartphone android karena bisa mengurangi aktivitas sinkronisasi di latar belakang sistem.

4. Tutup Aplikasi yang Jarang Dipakai

Banyak aplikasi yang jarang dipakai, misalnya aplikasi cuaca atau widget cuaca. Untuk bisa mendapatkan manfaat dari aplikasi cuaca ini, kamu bisa akses dari Google Now. Selain aplikasi, matikan juga fitur WiFi dan Bluetooth apabila sedang tidak digunakan. Kedua perangkat tersebut juga dapat membuat baterai smartphone cepat habis.

5. Matikan Fitur Smart

Menonaktifkan fitur smart yang ada pada smartphone Anda rupanya bisa menghemat masa pemakaian baterai. Misalnya, fitur smart seperti air gesture dan smart scrolling yang muncul di smartphone terbaru.

6. Jangan Hapus Recent Apps

Jika recent apps dihapus baterai smartphone malah akan bekerja lebih keras. Hal ini dikarenakan sistem akan membuka aplikasi dari awal dan membutuhkan banyak tenaga dari pada mengakses memori yang sudah tersimpan.

Meski berjalan di background masih akan menyerap baterai, tetapi tidak akan menghabiskan baterai sebesar saat pengguna menutup dan membuka sebuah aplikasi secara berulang-ulang.

7. Batasi Penggunaan Data

Membatasi pemakaian data akan menghemat konsumsi baterai ponsel. Pembatasan pemakaian data di latar belakang sistem akan melarang aplikasi memakai koneksi internet secara otomatis. Cara membatasi pemakaian data yakni dengan membuka panel yang berisi tabel konsumsi data di perangkat Android. Dari situ Anda akan bisa melihat aplikasi yang banyak mengkonsumsi data.

8. Gunakan Baterai Original

Jika ingin smartphone kamu hemat baterai, aturan utama tentu saja gunakan baterai original, bawaan smartphone kamu. Begitu pentingnya baterai bahkan pabrikansmartphone local brand membuat baterai berkapasitas super sebesar 5800 mAh untuk mendukung aktivitas online pengguna smartphone lebih lama.

Itulah cara paling mudah untuk menghemat baterai, selamat mencoba dan bijaklah dalam menggunakan smartphone.


Ditayangkan sebelumnya dari situs Liputan6
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait