Kabardewata.com

Teknologi

7 Tips Untuk Kamu Yang Ingin Memulai Menjadi Seorang Programmer

Kategori Teknologi, August 06, 2018, Dilihat sebanyak 57 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Programmer atau biasa disebut dengan Pemrogram adalah seseorang yang mempunyai kemampuan dan keahlian dalam membuat dan menyempurnakan suatu program. Dunia teknologi saat ini sangat berkembang dan perkembangan tersebut akan menjadi lebih pesat. Hal itulah yang menyebabkan beberapa aplikasi (mobile atau desktop) maupun website juga ikut berkembang seiring berjalannya waktu.

tips untuk kamu yang ingin memulai menjadi seorang programmer. 

1.Pahami Dasar-Dasar Pengkodean

Sebagai pemula kamu harus memulai belajar pengkodean dari dasar terlebih dahulu. Mempelajari konsep awal adalah cara paling mudah yang dapat kamu lakukan. Jika tidak, kamu akan terjebak saat akan mempelajari materi selanjutnya. Oleh karena itu, mempelajari konsep awal sangatlah penting dan banyaklah membaca mengenai proyek-proyek open source yang ada di Source Forge atau Github.

2. Belajar dari Buku ataupun Web

Selain mempelajari konsep awal dari pengkodean, kamu harus banyak membaca mengenai pemrograman. Sebagian orang yang ingin menjadi programmer mereka banyak membaca dari berbagai situs web ataupun dari buku-buku para ahli yang sudah berpengalaman. Banyak sumber yang dapat membantu pengkodean kamu misalnya, melalui tutorial Youtube, penjelasan di blog-blog atau dari sumber online.
Kuncinya: Jangan remehkan berbagai sumber yang ada.

3. Uji Pengkodeanmu dengan Ditulis

Mungkin kamu berpikir jika belajar pengkodean melalui komputer adalah cara tepat, karena saat kamu melakukan kesalahan dalam penulisan kode komputer akan memberitahu bagian mana yang terjadi kesalahan. Namun itu akan menjadikan kamu lebih fokus dan teliti jika kamu mulai menulis kode pemrograman sendiri. Selain itu, menulis adalah salah satu cara agar dapat lebih mudah mengingat suatu kode pemrograman.

4.  Buat Proyek Open Source

Belajar dengan membuat proyek-proyek open source. Dengan cara seperti ini akan meningkatkan kemampuan pemrograman kamu. Kamu dapat berbagi dan berdiskusi tentang apa yang kamu tulis dengan programmer diseluruh dunia yang tertarik dengan proyek open source kamu.

5. Berlatih Mencari Kesalahan

Belajar pemrograman tidak bisa jika kamu hanya membaca atau menghafalnya. Dalam mempelajarinya, kamu harus sering mempraktekannya, itulah kunci utama. Selain itu cobalah mencari kesalahan saat membuat kode yang akan membuat kamu semakin tajam dalam menyadari sebuah kesalahan. Semakin banyak kamu melihat dan mencarinya akan semakin mudah kamu mengingat suatu pengkodean.

6. Menguasai Lebih dari Satu Bahasa

Banyak sekali bahasa pemrograman yang dapat kamu pelajari di dunia ini. Jika kamu adalah seorang yang baru ingin mempelajari pemrograman sebaiknya pahami dan kuasailah satu bahasa saja dan jadilah yang terbaik dalam bahasa tersebut. Namun tidak ada salahnya jika kamu seorang programmer kamu dapat menguasai berbagai bahasa hal itu dapat memungkinkan kamu bekerja di berbagai macam bahasa.

7. Bertanya dan Belajar dari Programmer lain

Mungkin kamu adalah penerus Steve Jobs selanjutnya, terus belajar dan pahami mengenai kode pemrograman. Selain itu dapatkan lebih banyak wawasan dengan bertanya ataupun sekedar sharing dengan teman. Dan cobalah untuk mengerjakan proyek dari orang lain, jadikan setiap pekerjaan menjadi pembelajaran. Akan lebih baik jika menanyakan hasil kode yang kamu buat kepada senior yang nantinya akan mendorong kualitas kode kamu menjadi lebih baik.
 


Sumber: teknologi.id

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image