Kabardewata.com

Olahraga

Top Sport: Tiga Pembalap yang Berpeluang Besar Juara F1 2016

Kategori Olahraga, March 13, 2016, Dilihat sebanyak 87 kali, Post oleh Admin Kabardewata


KOMPETISI Formula One (F1) 2016 akan berlangsung sekira sepekan lagi. Para pencinta ajang balap mobil kelas mobil kelas utama ini pun mulai bertanya-tanya dan memprediksi siapa yang akan berpesta di akhir musim nanti.

Jika melihat jalannya pertarungan musim lalu, pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, tentu masih menjadi unggulan. Pembalap berusia 31 tahun itu dinilai mempunyai peluang besar untuk mempertahankan gelar juara dunia di F1 2015.

Meski demikian, Hamilton tidak sendirian. Setidaknya ada dua pembalap lain yang diyakini akan mampu menyaingi penampilannya di atas lintasan balap musim ini. Mereka adalah rekan setim Hamilton yakni Nico Rosberg dan pembalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel.

Lantas, seberapa besar peluang yang dimiliki Vettel, Rosberg, dan Hamilton di musim ini? Berikut gambaran peluang ketiganya dalam memperebutkan gelar juara dunia F1 2016. 

1. Sebastian Vettel (Ferrari)

Vettel menyelesaikan kompetisi F1 2015 di posisi tiga dengan raihan 278 poin. Bisa dikatakan, hanya pembalap berkebangsaan Jerman itu yang bisa mengacaukan dominasi Rosberg dan Hamilton musim lalu. Sebanyak 13 dari 19 seri berakhir podium baginya, dengan tiga di antaranya adalah podium pertama.

Dengan bekal musim lalu, Vettel diyakini akan kembali merusak dominasi duo Mercedes musim ini. Apalagi selama dua edisi tes pramusim di Sirkuit Katalunya, Barcelona, beberapa waktu lalu, pembalap berusia 28 tahun itu mampu mengalahkan catatan waktu terbaik milik Rosberg dan Hamilton.

Vettel diprediksi memiliki peluang yang sama besar dengan Rosberg untuk menjadi juara. Meski demikian, peluang mantan driver Red Bull tersebut diyakini tidak lebih besar ketimbang Hamilton. Kualitas mobil Ferrari yang dinilai masih sedikit tertinggal dari mobil Mercedes, menjadi alasannya.
 

2. Nico Rosberg (Mercedes)

Kualitas mobil Mercedes sangat mendukung peluang Rosberg menjadi juara F1 2016. Meski secara skill bisa dikatakan masih kalah dari Vettel, berkat perkembangan mobil Mercedes, pembalap berusia 30 tahun itu memiliki peluang yang sama.

Musim lalu Rosberg finis di posisi dua dengan raihan 322 poin. Total 15 seri berhasil diakhirinya di atas podium, dengan enam di antaranya berada di podium pertama. Tidak hanya raihan musim lalu, hasil di tes pramusim juga bisa menjadi bekal untuk menjalani musim ini.

Rosberg mengakhiri tes pramusim dengan bertengger di posisi tiga. Pembalap berkebangsaan Jerman itu mencatatkan waktu terbaiknya 1 menit 23,022 detik dari 656 lap. Ia unggul 0,6 detik dari rekan setimnya Hamilton. Apabila bisa konsisten mempertahankan penampilannya, bukan tidak mungkin mantan pembalap Williams tersebut merebut gelar juara dunia F1 pertamanya.

3. Lewis Hamilton (Mercedes)

Banyak yang berpendapat, sulit bagi pembalap mana pun untuk menyamai apa yang dimiliki Hamilton saat ini. Pembalap berusia 31 tahun itu dinilai memiliki paket lengkap, paket yang menjadi impian semua pembalap di dunia yakni skill dan kualitas mobil yang luar biasa.

Gelar juara dalam dua musim beruntun sudah cukup menjadi buktinya. Lalu jika menyoroti kembali penampilannya musim lalu, Hamilton pun dinilai memiliki bekal yang sangat baik untuk mencetak hattrick juara pada musim ini.

Pembalap berpaspor Inggris itu memang tampil inkonsisten selama tes pramusim, hingga pada akhirnya hanya menduduki posisi 10 dengan catatan waktu terbaiknya adalah 1 menit 23,622 detik. Tapi, hasil di tes pramusim bisa dikatakan bukan jaminannya tampil buruk.

Selama ini, Hamilton dinilai ibarat Valentino Rossi di MotoGP, yang tampil kurang meyakinkan di tes, namun begitu menggila saat lomba dimulai. Karena itu, pantas apabila menyebut Hamilton memiliki peluang terbesar untuk menjadi juara F1 2016.


Sumber: Okezone

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image