Kabardewata.com

Sosial Budaya

Tolak Reklamasi Teluk Benoa, Pasek Suardika ‎Minta Dukungan USINDO

Kategori Sosial Budaya, April 06, 2016, Dilihat sebanyak 143 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Tidak hanya didalam negeri, pihak yang selama ini kontra terhadap rencana reklamasi teluk benoa, juga mencari dukungan dari publik mancanegara. Salah satunya yang dilakukan Anggota DPD RI Dapil Bali, Gede Pasek Suardika ketika menerima kunjungan Perwakilan United States Indonesia (USINDO), yaitu Mentor of the Young Southeast Asia Leaders Initiative, Matthew Summy, di Sekretariat DPD RI Provinsi Bali, baru-baru ini.

Pasek Suardika mengaku, pihaknya meminta dukungan dari USINDO yang memiliki jaringan diberbagai negara di Dunia, untuk perjuangan masyarakat Bali dalam menolak reklamasi teluk benoa.

"Karena USINDO punya jaringan dari berbagai negara, kita minta agar membantu Bali dan masyarakat tradisional Bali di dunia internasional, soal perjuangan soal reklamasi teluk benoa itu," katanya.

Pasek Suardika menyampaikan, bahwa USINDO tak memungkiri, rencana reklamasi teluk benoa adalah imbas dari pertumbuhan perekonomian di Indonesia, khususnya Bali. Problematika pembangunan yang menimbulkan konflik, diakui hampir terjadi dibeberapa negara dikawasan Asia Tenggara. Melihat kondisi itu, ia berharap USINDO dapat mendukung dan memfasilitasi perjuangan menolak Reklamasi Teluk Benoa, yang sangat mengancam eksistensi dan daya tarik masyarakat tradisional Pulau Dewata. Ditegaskan, pengakuan masyarakat internasional lebih diperlukan masyarakat Bali, dikala pemerintah baik dipusat maupun daerah yang sampai saat ini masih tidak bergeming atas aspirasi yang telah disampaikan perihal rencana reklamasi teluk benoa oleh pihak investor.

"Bali ini kan daya tariknya adalah masyarakat tradisionalnya. Sehingga ketika kekuasaan tidak berpihak kepadanya, masyarakat internasional lah, yang menganggap Bali itu mempunya ciri khas yang berbeda ini, untuk mampu sama-sama menjaga," tambahnya.


Sumber: Redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image