Kabardewata.com

Sosial Budaya

Tingkatkan Pelayanan, BPJS Ketenagakerjaan Gelar Evaluasi PLKK se-Bali

Kategori Sosial Budaya, February 08, 2018, Dilihat sebanyak 189 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar evaluasi utilisasi Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) se-Bali. Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan PLKK mitra BPJS Ketenagakerjaan yang tersebar di 9 Kabupaten-Kota di Pulau Dewata.

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Bali-Nusa Tenggara-Papua (Banuspa), M. Yamin Pahlevi kepada wartawan di Kuta, Kamis (8/2/2018) menyatakan, acara itu untuk menakar tingkat pelayanan PLKK sepanjang tahun 2017. Beberapa indikator yang menjadi dasar penilaian, diantaranya kecepatan, ketepatan, dan kepuasan peserta.

"Kalau hasilnya yang saya tahu sih bagus saja ya, bahwa PLKK itu memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta kita yang mengalami kecelakaan kerja ya. Sejauh ini lancar-lancar saja tu," katanya.

Pahlevi tak memungkiri, hingga saat ini belum banyak peserta BPJS Ketenagakerjaan yang memanfaatkan layanan PLKK ketika mengalami kecelakaan kerja. Sejumlah hal disebut menjadi penyebab, salah satunya ketidaktahuan manfaat dari program kepesertaan.

"Beberapa pekerja itu kurang dapat info ya, apabila terjadi kecelakaan kerja itu bisa dirawat sampai sembuh, tanpa keluar biaya satu rupiah pun. Dengan dharapkannya dengan evaluasi ini, calon-calon peserta itu tahu, sehingga pada akhirnya menjadi peserta," ujarnya.

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Banuspa, M. Yamin Pahlevi lebih lanjut mengatakan, sepanjang tahun 2017, pihaknya melayani 1.861 klaim kecelakaan kerja, dengan nominal Rp. 22.219.933.898. Khusus di Bali angkanya mencapai 1.364 kasus, dengan nominal Rp. 12.765.262.836. Pada penghujung tahun 2017, setidaknya 12.762 perusahaan, dengan total tenaga kerja aktif sebanyak 374.827 orang telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image