Setelah 28 Tahun, Patung GWK Mendekati Penyelesaian

Setelah 28 Tahun, Patung GWK Mendekati Penyelesaian

Setelah melintasi waktu selama 28 tahun, akhirnya Patung Garuda Wisnu Kencana(GWK) memasuki tahap pemasangan mahkota dan mendekati penyelesaian.

Pemasangan mahkota Dewa Wisnu pada patung GWK pada pagi hari ini diawali dengan upacara ngrastiti dan pecaruan dipelataran patung yang dipuput oleh empat peranda yang mewakili Siwa dan Budha. Setelah upacara ritual selesai, dilanjutkan dengan pemasangan mahkota Dewa Wisnu dengan menggunakan crane. Pemasangan mahkota Dewa Wisnu menjadi pemasangan modul yang ke 529 dari total modul 754 buah. Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Minggu (20/5). 

Pemrakarsa patung GWK Nyoman Nuarta  menyampaikan apresiasinya atas dukungan semua pihak sehingga mahakarya ini mendekati  tahap penyelesaian. Nuarta menambahkan sebagai pematung yang karya karyanya tersebar di berbagai negara, ia merasa berkewajiban melahirkan karya besar untuk tanah kelahirannya. Didukung dengan pemandangan alam yang indah disekelilingnya , patung GWK ini akan menambah  destinasi pariwisata di Bali . 

GWK bermula dari gagasan Nyoman Nuarta bersama Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Joob Ave dan peletakan batu pertamanya dilaksanakan di kawasan taman kebudayaan di Bukit Ungasan Jimbaran pada tahun 1997. Hingga bulan Mei 2018, pembangunan GWK telah mencapai 70% dan berdasarkan pemasangan modul modul GWK akan selesai  pada bulan Agustus 2018 mendatang. 

Sementara itu Gubernur Bali Made Mangku  Pastika menyampaikan apresiasi atas kerja keras semua pihak seraya berharap agar  patung setinggi 121 meter dari permukaan tanah bisa menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. 

Harapan tersebut disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam sambutannya seusai melaksanakan persembahyangan serangkaian Upacara Pasupati Pemasangan Mahkota Wisnu, Patung Garuda Wisnu Kencana di Pelataran Gedung Pedestal Patung GWK.

Lebih lanjut Gubernur Pastika menyampaikan proses pengerjaan patung yang merupakan mahakarya dari seniman Bali Nyoman Nuarta tersebut melibatkan banyak seniman lainnya yang tidak hanya dari Bali tapi juga dari daerah lainya di Indonesia sehingga patung ini akan menjadi mahakarya luar biasa dari anak bangsa. " Cita-cita kita bersama akhirnya bisa tercapai, ini merupakan karya luar biasa. Ini akan jadi Kebanggaan rakyat Bali, kebanggaan Bangsa ndonesia, semoga tahapan kedepannya berjalan lancar sesuai dengan harapan kita bersama, " tuturnya.

Komentar (1)
July 5, 2018 pada 09:33pm

High apreciate for Nyoman Nuarta, as an inisiator of GWK monument in Denpasar Bali.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait