Pertunjukkan Topeng Jepang Diharapkan Jadi Hubungan Erat Indonesia Dan Jepang

Pertunjukkan Topeng Jepang Diharapkan  Jadi Hubungan Erat Indonesia Dan Jepang

Pertunjukkan kesenian Topeng Tradisional Jepang "Hayachine Take Kagura" dalam rangka peringatan Tahun ke 60 hubungan diplomatik antara Indonesia dengan jepang.  Pertunjukkan yang digelar di Rumah Topeng dan Wayang Setia Dharma Jl. Tegal Bingin,  Br.  Tengkulak Tengah,  Mas, Ubud,  Gianyar,  Sabtu (19/5),  

 

Konsulat Jendral Jepang,  Mr. Shiba,  bahwa penyelenggaraan pertunjukkan seperti ini merupakam kali kedua setelah sebelumnya sempat digelar pada bulan Septembet 2015 di ISI Denpasar, guna peringatan hubungan diplomatik dan sangat sukses menarik antusias penonton setelah berkolaborasi dengan tarian barong.  Ia pun menjelaskan filosofi tarian dan musik tradisional yg biasanya dipertunjukan ditempat pemujaan tersebut sebagai bentuk doa kehadapan Tuhan. Tarian tersebut menurutnya telah dilestarikan dinegaranya sejak tahun 1976,  dan terdaftar sebagai warisan tak benda UNESCO pada tahun 2009.  

 

 

Hal senada disampaikan menurut Gubernur Bali Made Mangku Pastika,memiliki makna yang sangat penting untuk mempererat dan memperteguh hubungan diplomatik kedua negara melalui kesenian.

 

Lebih jauh,  Gubernur Pastika secara pribadi mengaku sangat tertarik dengan seni topeng,  mengingat kehidupan setiap orang dalam keseharian selalu berganti peran yang dianalogikan sebagai topeng. 

 

 "Setiap hari kita berganti peran yang bisa diartikan sebagai topeng, mulai dari kita tidur melakoni peran suami istri,  esok kita bangun melakoni peran bapak,  setelah ditempat kerja misalnya saya melakoni peran jadi Gubernur.  Topeng menjadi keseharian setiap orang,  perempuan memakai bedak pun sebuah topeng.  Mari kita lihat Topeng Tua,  kebanyakan penarinya masih muda tetapi gerakannya sangat tua mengikuti topeng yang dikenakan,  itulah makna filosofi seni topeng sangat jauh melebihi jangkauan pikiran kita," pungkas Pastika.

 

Sementara itu,  Prof. Dibia yang turut diundang pada pertunjukkan itu menyatakan acara tersebut sebagai sebuah perayaaan jembatan budaya yg telah dibangun sekian lama antara Bali dengan Jepang.  Ia pun mengamini pertunjukkan tersebut merupakan kolaborasi kesekian kalinya,  dan selalu mendapat apresiasi.  "Bali dan Jepang memiliki kesamaan budaya terutama pada seni topeng,  sehingga ada benang merah yang gampang dihubungkankan.

 

 Inilah yang membuat pementasan selalu menarik,"  ujar Prof.  Dibia seraya berharap pertunjukkan tersebut dapat memperkaya pemahaman seniman Bali terhadap seni topeng Jepang,  dan memberi inspirasi kepada seniman kreatif untuk menghasilkan karya baru.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait