Penyediaan FLPP di Bali Masih Hadapi Kendala

Kategori Sosial Budaya, October 27, 2017, Dilihat sebanyak 35 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Penyediaan rumah murah melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) terus digenjot oleh pemerintah pusat.  Khusus di Pulau Bali, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Bali menargetkan 3.500 rumah murah hingga akhir tahun 2017. Sejauh ini wilayah yang sudah dijangkau oleh rumah murah seharga Rp. 141,7 juta adalah Kabupaten Jembrana, Buleleng, Karangasem, dan Tabanan.

 Ketua DPD REI Bali, Pande Agus Permana Widura kepada wartawan di Denpasar kemarin, mengaku mengalami hambatan dalam penyediaan FLPP dibeberapa daerah. Alasannya karena harga lahan yang sangat tinggi untuk di Kota Denpasar, dan Kabupaten Badung. Selain itu, minimnya perbankan yang memberikan fasilitas kredit, juga menjadi penghambat kepemilikan FLPP oleh masyarakat.

"Bank penyalur saat ini, itu sudah ada beberapa bank penyalur, seperti BTN, BNI, Mandiri, BRI, Arta Graha, itu sudah beberapa bank yang bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) untuk menyalurkan bunga subsidi itu. Nah cuma memang yang menjadi kendala di Bali ini, untuk rumah subsidi itu masih yang paling banyak BTN," akunya.

Agus Permana Widura mengaku telah menyampaikan kondisi itu kepada pihak Kementerian PUPR. Harapannya kedepan semakin banyak bank penyalur bunga subsidi untuk mendukung keberhasilan program FLPP. Tidak hanya Bank dibawah payung Badan Usaha Milik Negara (BUMN), REI juga ingin mengajak Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali sebagai bank penyalur bunga subsidi rumah murah.

"Grafiknya itu jauh sekali. BTN banyak sekali, sedangkan yang lain-lain ini sangat minor ya. Itu yang saya mau sejajarkan. Karena kalau tidak begitu BTN akan overloudingsendiri, itu yang saya tidak mau. Kalau dia sampai overloudtentunya akan berdampak pada kecepatan proses," ungkapnya.

Ketua REI Bali ini mengakui, beberapa bank selain BTN telah memberikan sinyal positif dalam upaya mendukung FLPP. Beberapa bank itu diantaranya BRI, Bank Arta Graha, BNI.


Sumber:

Like & Share berita ini

loading...

Tulis komentar anda.


You can use the following HTML tags: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>


CAPTCHA Image
Reload Image


KOMENTAR
HEADLINES POPULER BISNIS BALI


POST sosial LAINNYA