Penampilan Kerawitan Klasik di PKB

Penampilan Kerawitan Klasik di PKB

Para seniman asal Singaraja, sedang memainkan Gambelan Sloding berjudul "Wireka Suara Jahat", yang merupakan kesenian karawitan klasik. Terdapat enam buah gending yang ditampilkan penabuh di kalangan Angsoka, Taman Budaya Denpasar pada Rabu (22/06)

Diantaranya adalah gending Penganteb Sekar, Pengider Buana, Sekantian Numpuk, Bojog Mayunan, Peselatan Dan Tua Sekar Gadungan.

Pembina tabuh I Made Pasca Wirasutha, memgatakan bahwa ke enam tabuh tersebut memiliki arti tersendiri, seperti gending Penganteb Sekar, yang biasa di pakai pada waktu piodalan munggah Sekar sehari sebelum puncak karya di Pura pengaruman banjar adat banjar pameran.
 
Sedangkan gending peselatan sering dipakai pada penganteb banten di pura desa selat kecamatan sukasada, biasanya barungan gambelan due pura yang dimainkan,tatapi karena gambelan pura due tidak bisa dimainkan diluar areal pura maka pada pertunjukan disebut ditransfer menggunakan gambelan serupa. Pada momentum tersebut, terlihat para penonton sangat antusian menyaksikan pertunjukan musik klasik tersebut

Ditayangkan sebelumnya dari situs redaksi
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait