Pelaksanaan PKB 38 , Gubernur Bali Tetap Ingatkan Evaluasi

Kategori Sosial Budaya, July 11, 2016, Dilihat sebanyak 77 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Pesta Kesenian Bali (PKB) ke 38 yang telah sebulan penuh dilaksanakan, secara umum pelaksanaan berjalan dengan lancar terlepas dari segala kekurangan dalam penyelenggaraan termasuk musibah yang menimpa pedagang di stand PKB akibat imbas terbakarnya pasar malam Kedaton yang letaknya bersebelahan dengan Taman Budaya. Namun demikian pelaksanaannya harus tetap dievaluasi agar pelaksanaan selanjutnya menjadi lebih baik. Demikian Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta saat acara Penutupan Pesta Kesenian Bali ke 38 di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya, Denpasar, Sabtu (9/7).

“Kita semua patut berbangga, seluruh rangkaian kegiatan berjalan sesuai dengan rencana, hal tersebut disebabkan kerjasama yang sinergis antara panitia, para seniman dan budayawan pesertaserta yang terpenting adalah seluruh komponen karma Bali, namun demikian evaluasi terhadap unsur penyelenggara tetap harus dilakukan,” tegas Sudikerta yang menurutnya evaluasi tersebut nantinya akan digunakan sebagai pedoman untuk pelaksanaan kegiatan serupa tahun depan agar lebih baik.

Menurut Sudikerta selain evaluasi terhadap kualitas penyelenggara, evaluasi juga dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesenian yang ditampilkan, peningkatan partisipasi peserta dan partisipasi masyarakat, sampai pada aspek – aspek teknis seperti pengaturan jadwal yang koordinatif, kebersihan, penataan parker, serta keamanan dan ketertiban, termasuk langkah – langkah antisipasi terhadap musibah dan bencana yang mungkin terjadi. Lebih lanjut disampaikan Pastika, pelaksanaan PKB yang ke 38 tersebut telah mampu menjadi wahana komunikasi antar seniman serta memperkuat landasan dan mempertahankan eksistensi budaya Bali dari gempuran berbagai penetrasi budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai – nilai satwan, siwam, dan sudaram.

PKB bukan hanya sekedar mempresentasikan hasil kesenian semata, namun PKB telah benar – benar menjadi ruang apresiasi terhadap ragam kekayaan kebudayaan daerah yang adiluhung sebagai cermin masih lestarinya warisan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Bali. Oleh karena ituPastika mengajak seluruh komponen masyarakat, pemangku kepentingan, Pembina seni, dan para seniman untuk secara berkelanjutan menjadikan Pesta Kesenian bali sebagai momen penting dalam upaya pembinaan, penggalian, pengembangan dan pelestarian kesenian dan kebudayaan Bali.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Beratha menyampaikan bahwa pelaksanaan PKB ke 38 telah mampu dilaksanakan sesuai dengan rencana dan memperoleh sambutan meriah tidak hanya dari masyarakat Bali namun juga dari Presiden RI dan juga beberapa menteri yang turut hadir dalam pembukaan, dan hal tersebut menjadi kebahagian tersendiri bagi masyarakat Bali.

Ia juga menhyampaikan pelaksanaan lomba – lomba yang dilaksanakan saat PKB saat ini juga telah mendapat perhatian lebih dari peserta, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya dukungan dan motivasi dari peserta yang ikut dikarenakan pelaksanaan lomba tersebut tidak semata – mata  hanya untuk mencari juara, namun didalamnya terdapat usaha untuk mendorong kreatiifitas dan inovasi para peserta. Beratha juga memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang turut memeriahkan PKB karena telah mampu mengaktualisasi tema karang awak tersebut sehingga kedepannya pelaksanaan PKB tersebut mampu menjadi wadah untuk membangun dan merevitalisasi keragaman seni Bali.

Dalam kesempatan tersebut Putu Beratha juga menyampaikan bahwa transaksi yang terjadi di seluruh stand pameran kerajinan mencapai 8 milyar sedangkan untuk stand kuliner mencapai 2,3 milyar. Ia juga menyempatkan diri untuk mengundang seluruh masyarakat Bali untuk kembali hadir di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Denpasar pada tanggal 10 Juli 2016 pukul 19.00, karena akan dilangsungkan pembukaan Bali Mandara Mahalango ke 3 yang acaranya akan diisi oleh pementasan drama musical yang ditampilkan oleh Pramusti Bali yang berkolaborasi dengan Bondres Celekontong Mas.

 


Sumber: redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Tulis komentar anda.


You can use the following HTML tags: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>


CAPTCHA Image
Reload Image


KOMENTAR
HEADLINES POPULER BISNIS BALI


POST sosial LAINNYA