Kabardewata.com

Sosial Budaya

Overlay Runway Bandara Ngurah Rai AP I Alokasikan Rp. 120 Milliar

Kategori Sosial Budaya, March 15, 2016, Dilihat sebanyak 324 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa transportasi udara, kini PT. Angkasa Pura I (Persero) tengah melakukan berbagai pembenahan. Pembenahan itu difokuskan pada dua lini, yaitu penyempurnaan pelayanan oleh seluruh Sumber Daya Manusia, serta fasilitas.

Khusus pembenahan fasilitas, General Manager PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Trikora Harjo kepada wartawan, di Tuban menyampaikan, tahun ini pihaknya berencana melakukan overlay atau penebalan landasan pacu. Anggaran 120 milliar rupiah pun telah disiapkan untuk menebalkan landasan pacu sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter itu. Dikatakan pengerjaan akan dimulai bulan April 2016 dengan durasi 1 tahun, dan dilakukan disaat lalu lintas penerbangan menurun yaitu Pukul 02.00 wita sampai Pukul 07.00 wita.

"kita akan melakukan overlay saat-saat dimana kegiatan atau kepadatan penerbangan berkurang, yaitu antara jam 2 pagi sampai jam 7," ucapnya. 

Overlay atau penebalan itu dikatakan Trikora Harjo sebagai salah satu wujud peningkatan kemampuan landasan pacu, khususnya untuk melayani pesawat terbang berukuran besar, diantaranya jenis Airbus A380. Selain itu, aturan juga mengharuskan setiap pengelola, dalam ini PT. Angkasa Pura 1 (Persero) melakukan pemeliharaan landasan pacu, paling tidak untuk yang berumur 5 tahun.

"Walaupun sekarang kekuatannya atau kemampuannya juga sudah menuhi kategori. Tetapi didalam program pemeliharaan, jadi runway ini sudah berumur lima tahun. jadi itu harus di renew lagi, atau di overlay. Dan kebetulan mulai bulan April ini akan di overlay," katanya. 

Disinggung soal rencana realisasi double runway, Trikora Harjo mengaku, landasan pacu ganda di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai belum menjadi rencana kerja jangka pendek dari pihaknya.

"Sementara ini belum, karena juga kendala-kendala tidak ada. karena kita hanya mempertebal di runway existing yang ada," tambahnya.


Sumber: Redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image