Nyepi Diakui Sebagai Langkah Nyata Menanggulangi Pemanasan Global

Kategori Sosial Budaya, March 10, 2014, Dilihat sebanyak 116 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Denpasar, Bali.  Nyepi kini telah diakui sebagai bagian dari langkah nyata dalam menanggulangi pemanasan global. Konsep Nyepi juga telah mengilhami gerakan hari hening sedunia atau yang lebih keren disebut sebagai “World Silent Day (WSD)”. WSD yang dilaksanakan pada setiap tanggal 21 Maret ini merupakan salah satu upaya mengurangi dampak perubahan iklim. Konsep dan nilai Nyepi tentunya sangat sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 26% dengan usaha sendiri dan mencapai 41% jika mendapat bantuan internasional pada tahun 2020.

Walaupun lembaga penyiaran diminta menghentikan siaran (Nyepi siaran) di Bali saat pelaksanaan Nyepi, namun Lembaga penyiaran terutama TV tetap diberikan kesempatan untuk mengabadikan pelaksanaan Nyepi untuk disiarkan di luar Bali. Tentunya proses peliputan kegiatan Nyepi harus tetap berpedoman pada kode etik jurnalistik dan awig-awig (aturan hukum adat) yang berlaku di tiap desa adat. Proses peliputan juga harus berkoordinasi dengan pecalang dan tokoh adat di desa setempat.  

Sebagai sebuah kearifan lokal yang telah diakui dunia, sepatutnya lembaga penyiaran turut serta melestarikan konsep dan pelaksanaan Nyepi. Saatnya lembaga penyiaran memberikan contoh dan memberikan penghormatan bagi karifan local yang ada di Indonesia, khususnya Bali. Apalagi selama ini lembaga penyiaran secara langsung dan tidak langsung berulangkali menyerukan kepada masyarakat melalui pemberitaan untuk melestarikan kearifan local dan menjaga kebudayaan. Jika hal ini mampu dilaksanakan maka menghentikan siaran selama satu hari penuh akan menjadi ciri khas bagi lembaga penyiaran di Bali


Sumber:

Like & Share berita ini

loading...

Tulis komentar anda.


You can use the following HTML tags: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>


CAPTCHA Image
Reload Image


KOMENTAR
HEADLINES POPULER BISNIS BALI


POST sosial LAINNYA