Kabardewata.com

Sosial Budaya

Jelang Pilkada, Penjabat Bupati Miliki Peran Strategis Penyelenggaraan Pemerintahan

Kategori Sosial Budaya, July 30, 2015, Dilihat sebanyak 174 kali, Post oleh Rusadi Nata


Gubernur Bali Made Mangku Pastika secara resmi melantik Drs. Ida Bagus Ngurah Arda, M.Si., sebagai Penjabat Bupati Karangasem sampai terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati hasil Pemilukada yang akan datang. Penetapan Ngurah Arda sebagai Penjabat Bupati Karangasem didasarkan atas Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 131.51-4617 Tahun 2015.  

Ditetapkannya Penjabat Bupati karangasem karena masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Karangasem perode 2010-2015 telah berakhir, sementara Pemilukada dan wakil kepala daerah belum berlangsung.    

Pastika menyampaikan tugas pokok  Penjabat Bupati yang akan diemban oleh Ngurah Arda yaitu meliputi menyelenggarakan pemerintahan, memfasilitasi pelaksanaan Bupati dan Wakil Bupati yang definitif, serta menjaga netralitas para PNS.  Sebagai Penjabat Bupati Ia juga harus memahami dengan sungguh sungguh tugas dan wewenang kepala daerah, sebagaimana ditentukan dalam peraturan perundangan yang berlaku.

“Meski mempunyai masa tugas yang relatif singkat, tapi Penjabat Bupati memiliki peran strategis dalam meletakkan fondasi penyelenggaraan pemerintah, sampai dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati definitif” ujarnya.

Penjabat Bupati juga diminta mengoptimalkan koordinasi, mengefektifkan komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan, seperti KPUD, Panwaslu, dan unsur TNI/Polri, termasuk dengan pemuka masyarakat serta pemuka agama. Ia juga menekankan Penjabat Bupati terpilih agar mampu menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara, sehingga dapat mengemban tugasnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, dengan selalu mengedepankan profesionalitas, serta dapat menjadi teladan bagi masyarakat, dan menciptakan Pemilukada yang aman, lancar, damai dan demokratis.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati dan Wakil Bupati sebelumnya, Wayan Geredeg dan Made Sukerana,  karena telah menyelesaikan masa pengabdiannya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Karangasem Periode 2010-2015, serta telah turut berperan penting dalam mensukseskan program-program pembangunan daerah Bali, khususnya di Kabupaten Karangasem, sesuai visi Bali Mandara.

Sementara itu Penjabat Bupati Karangasem, Ngurah Arda,  yang diwawancarai awak media seusai pelantikan menyampaikan langkah awal yang diambil adalah konsolidasi dengan jajaran intern yang akan dipimpinnya. Terkait terpilih dirinya pada  pertengahan tahun anggaran, Ngurah Arda menjelaskan apa yang sudah dirancang oleh Bupati sebelumnya yang tertuang dalam APBD sebagai produk legislatif dan eksekutif akan dilanjutkan.

Ia juga akan mengevaluasi program-program yang sudah tercapai, yang belum terlaksana maupun program yang belum sesuai target. “Secara umum saya menilai program Pemprov dan program Pemkab sudah nyambung, karena  semua program yang dilaksanakan oleh Pemprov adalah program yang memihak rakyat untuk itu wajar jika pemkab ikut mensukseskannya,” tandanya.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image