Indonesia Sebentar Lagi Jadi Tuan Rumah MotoGP

Indonesia Sebentar Lagi Jadi Tuan Rumah MotoGP

Kesempatan warga Indonesia nonton balapan MotoGP di negeri sendiri sudah di depan mata setelah pemerintah menyalakan lampu hijau.

Direktur Sirkuit Internasional Sentul, Tinton Soeprapto, pada Selasa (8/9/2015) bertemu Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Alfitra Salam di Kantor Kemenpora, membicarakan masalah ini. Dalam pertemuannya itu, Tinton didampingi mantan Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) Irawan Sucahyono, sama-sama membahas keseriusan menggelar MotoGP di Sirkuit Sentul pada 2017.

“Hasilnya sudah semakin mengerucut, pemerintah siap mendukung dan kita tinggal melakukan penandatanganan kontrak kerjasama dengan Dorna (penyelenggara MotoGP),” tegas Tinton kepada Kompas Otomotif di kantor Kemenpora, Senin malam.

Terhitung Senin 9 September 2015, hingga 21 Oktober, lanjut Tinton, perjanjian kontrak kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan pihak Dorna akan terus berjalan. Tapi puncak penandatanganannya pada 21 Oktober, Dorna akan datang ke Indonesia.

“Tapi dalam seminggu ke depan Letter of Intent (LOI) harus sudah ditandatangani. Kalau LOI itu sendiri kan sifatnya tidak mengikat. Baru di 21 Oktober, kita akan melakukan penandatanganan kontrak resmi,” beber Tinton.

Menurut Tinton, jika tidak tahun ini diambil, maka kesempatan emas itu akan hilang dengan sia-sia, karena sudah banyak negara lain selain Indonesia yang ingin menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan MotoGP. Masyarakat Indonesia, menurut Tinton jangan mengganggap ini adalah pemborosan karena harus mengeluarkan uang miliaran rupiah, tapi anggaplah ini sebagai bentuk devisa negara di kemudian hari.

“Anda bayangkan saja, Indonesia adalah pasar terbesar roda dua. Penonton MotoGP nanti akan banyak, dari tiket saja kita sudah untung banyak, belum lagi ditambahkan banyak turis yang datang ke Indonesia sehingga bisa meningkatkan devisa negara dalam bidang pariwisata,” kata ayah dari pebalap Ananda Mikola ini. (*)


Ditayangkan sebelumnya dari situs tribunbali
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait