Kabardewata.com

Sosial Budaya

Hadapi MEA, Pemerintah Diminta Serius Garap Regulasi

Kategori Sosial Budaya, July 27, 2015, Dilihat sebanyak 134 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bali  I. G. A. A Inda Trimafo Yudha mengatakan, para pengusaha terus mempersiapkan diri menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang dijadwalkan akan diberlakukan tahun depan. Khususnya yang ada di Bali sudah siap dan terbiasa melaksanakan usaha lintas negara.

"Kami sudah terbiasa melakukan usaha dan memiliki hubungan baik dengan beberapa klien dari luar negeri, secara konsep kami sudah siap. Yang kami harapkan adalah pemerintah benar-benar serius menggarap peraturan dan regulasi untuk mematangkan MEA sehingga MEA akan menjadi peluang bukan ancaman,"ujarnya di Denpasar, Senin (27/7/15)

Menurutnya, mundurnya pelaksanaan MEA menjadi tahun depan harusnya menjadi pembelajaran bagi pemerintah agar tidak terlalu memaksakan peraturan yang tidak sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia.

"Jika peraturannya tidak matang atau tanpa pertimbangan yang pas, dampaknya nanti akan sangat luas bagi masyarakat apalagi ini berbicara skala global," paparnya.

Dia menambahkan, lesunya perekonomian akhir-akhir ini memberikan dampak yang cukup signifikan bagi pengusaha lokal khususnya yang ada di Bali.

"Pengusaha yang paling terkena dampak dari melemahnya geliat perekonomian adalah pengusaha yang bergerak di bidang properti. Menurunnya omzet pengusaha properti ini disebabkan oleh menurunnya angka permintaan dari konsumen, serta mahalnya bahan baku juga menjadi salah satu faktor penyebabnya," paparnya.

Dia menyatakan bahwa hal tersebut dirasa menyulitkan, padahal beberapa pengusaha sudah memiliki kredibilitas dan layak mendapatkan kepercayaan untuk diberikan pinjaman oleh bank.

"Meskipun perekonomian sedang melambat, kami terus berusaha dan terus menumbuhkan jiwa wirausaha untuk menghadapi hal tersebut," lanjutnya.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image