Festival Pesta Kesenian Bali kali ini merupakan edisi yang ke 40th loh

Kategori Sosial Budaya, July 04, 2018, Dilihat sebanyak 233 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Festival Pesta Kesenian Bali kali ini merupakan edisi yang ke 40th loh! Bakalan banyak banget beragam pertunjukkan kesenian budaya yang sayang kalau kalian lewatkan.
 
Buat kalian yang orang Bali maupun pendatang yang sering ke Bali pasti sering denger nih festival tahunan yang ada di pulau surge ini. festival tersebut bernama Pesta Kesenian Bali. Acara ini berlangsung selama satu bulan loh, yang nantinya akan berlokasi di Taman Budaya Art Center, Denpasar. Tahun ini, PKB (Pesta Kesenian Bali) akan bertemakan “Teja Dharmaning Koripan” yang artinya “Api Spirit Penciptaan”. Wah, dari temanya aja uda bikin penasaran ya, kira-kira kaya gimana dan apa aja sih isi dari pesta tersebut. Di acara PKB, kita dapat melihat segala macam tarian, musik, gallery foto, dan ekspresi seni budaya Bali lainnya. Nantinya akan ada pertunjukkan musik, tarian, dan berbagai macam aktivitas seni dan budaya lainnya secara bersamaan. Festival Pesta Kesenian Bali ini akan diadakan pada 23 Juni 2018 hingga 21 Juli 2018 (satu bulan).


Festival Pesta Kesenian Bali 2018 Dibuka Di Monumen Bajra Sandhi Renon

Festival yang akan disuguhkan selama sebulan ini akan dibuka di lokasi Monumen Bajra Sandhi Renon, Denpasar, Bali. Pesta ini akan dibuka dengan parade para pemain, sebuah kontes seni, dan kostum berkilauan dari semua kecamatan di Bali dan provinsi-provinsi di Indonesia lainnya. Kebayang ga sih gimana hebohnya? Buat yang suka kesenian terutama kesenian Bali, jangan sampe ga ke sini deh. Karena antusiasme yang begitu tinggi, maka setiap pesta kesenian Bali dimulai, pulau tersebut akan sangat ramai pengunjung. Baik wisatawan lokal sampai ke turis mancanegara. Festival Pesta Kesenian Bali kali ini merupakan edisi yang ke 40th loh! Bakalan banyak banget beragam macam kesenian yang sayang kalau kalian lewatkan.

Acara Festival Pesta Kesenian Bali juga akan menampilkan beberapa fitur menarik. Seperti adanya drama tari atau biasa disebut dengan Sendratari, teater Bali modern, festival kuliner khas Bali, festival musik khas Bali, dan juga workshop fotografi yang pastinya akan keren-keren semua. Selain itu, Pesta Kesenian Bali juga mengadakan berbagai macam lomba seperti lomba penulisan sastra, lomba fotografi, lomba kerajinan tangan, dan lomba film dokumenter.

Beberapa tahun lalu di Pesta Kesenian Bali 2016 & 2017, Kementrian Pariwisata dalam rangka mengobarkan semangat Go Digital mengadakan lomba Sosial Media. Yaitu berupa lomba foto di Instagram. Cara perlombaannya cukup simple, hanya dengan meng-upload foto yang berkaitan dengan Pesta Kesenian Bali 2017 di akun Instagram masing-masing. Lalu, para peserta menyisipkan tagar #PestaKesenianBali2017 atau #PKB2017. Pada saat PKB 2016, pihak Kementrian Pariwisata menjuri dan bahkan memverifikasi foto sebanyak 2.988 foto menjadi 150 saja. Luar biasa banget nih. Semoga di Pesta Kesenian Bali tahun ini kontes sosial medianya akan dibikin lebih menarik dan menantang lagi ya.

Banyak Parade Yang Menarik Wisatawan

Selain lomba-lomba yang tadi sudah disebutkan, masih ada parade dan prosesi menarik lainnya yang disuguhkan dalam Pesta Kesenian Bali. Seperti parade Gong Kebyar, parade Topeng Panca, parade Nglawang, parade Dramatari Arja, parade Wayang Kulit, parade Joged Bumbung, parade Drama Gong, dan masih banyak parade lainnya. Semua ini akan dipertontonkan ke para pengunjung Pesta Kesenian Bali 2018 nanti.
Tujuan dari penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali yang setiap setahun sekali ini adalah untuk menemukan kembali dan melestarikan seni budaya Bali yang unik dan sudah mendunia. Kegiatan ini sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya sendiri. Harapannya adalah agar kesenian budaya Bali tetap bertahan dan bahkan semakin tumbuh menyebar ke belahan dunia luar.

PKB Pertama Diselenggarakan Pada 1979

Kalau kita melihat sejarahnya, mungkin ada yang bertanya-tanya sejak kapankah Festival Pesta Kesenian Bali ini dimulai. Jawabannya adalah semenjak tahun 1979. Gagasan ini merupakan ide dari almarhum Gubernur Bali ke 6 Ida Bagus Mantra. Tujuannya waktu itu adalah untuk menampung hasil karya cipta seni dan apresiasi terhadap inovasi seni dari hasil rekonstruksi. Oleh karena itu, pemerintahan Bali pada saat itu mulai menggagas sebuah pesta rakyat yang dikenal hingga sekarang dengan nama Pesta Kesenian Bali.

Dalam sejarah perjalanannya, pesta rakyat terbesar masyarakat Bali ini biasanya dibuka oleh pejabat tinggi negara seperti Presiden, Wakil Presiden, dan Mentri. Hanya saja pada waktu PKB pertama ditahun 1979, pesta kesenian ini dibuka oleh almarhum Ida Bagus Mantra. Pada saat itu beliau menjabat sebagai Gubernur tingkat I bali, dan sebagai penggagas ide untuk PKB itu sendiri. Wuih, udah lama juga nih ya ternyata. Kerennya, festival tahunan ini makin ke sini malah makin berkembang dengan baik dan akhirnya dikenal hingga ke luar Indonesia.

Menikmati musik tradisional dan tentunya pertunjukan gamelan Bali di panggung Ayodya dan Angsoka. Lalu, kita juga dapat menyaksikan pemutaran film dokumenter di auditorium, menikmati bazar festival kuliner hingga buah tangan lainnya. Selain itu, biasanya saat penutupan Pesta Kesenian Bali akan diadakan acara yang sangat meriah dan megah. Tentunya, dengan penampilan Balet Tradisional Malam yang dikenal dengan nama ‘Sendratari’ di panggung terbuka Ardha Candra jam 20.00.
 


Sumber: magazine.yoexplore.co.id

Like & Share berita ini

loading...

Tulis komentar anda.


You can use the following HTML tags: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>


CAPTCHA Image
Reload Image


KOMENTAR
HEADLINES POPULER BISNIS BALI


POST sosial LAINNYA