Kabardewata.com

Sosial Budaya

Demi Bersekolah Siswa SDN 5 Ringdikit  Seberangi Sungai Berarus Deras

Kategori Sosial Budaya, January 18, 2017, Dilihat sebanyak 177 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Sejumlah siswa SD Negeri 5 Ringdikit harus berjuang untuk sampai di sekolah dengan menyeberangi Tukad (Sungai) Saba. Siswa-siswi SD Negeri 5 Ringdikit setiap hari harus melewati Tukad (sungai) Saba yang memisahkan Desa Lokapaksa dengan Desa Ringdikit. Hanya dengan berpegang pada tadi siswa-siswi SD harus melewati sungai karena tidak adanya jembatan penghubung. 

Salah seorang warga Desa Lokapaksa, Made Sukaja menyampaikan bahwa kondisi seperti ini sudah terjadi sejak lama. Mengingat sekolah terdekat dari Desa Lokapaksa hanya SD Negeri 5 Ringdikit. Sehingga masyarakat menyekolahkan anak-anaknya walaupun harus menyeberang Tukad Saba tanpa adanya jembatan.

Salah satu siswa kelas 5 SD Negeri 5 Ringdikit, Ketut Kariasih mengaku tidak nyaman bersekolah, dimana setiap hari harus menyeberangi sungat yang memiliki arus cukup deras. Kariasih berharap pemerintah segera membantu membuatkan jembatan untuk menyeberang.

Sementara Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat melakukan kunjungan dan pengecekan ke Tukad Saba di Desa Lokapaksa Kabupaten Buleleng merasa prihatin melihat kondisi anak-anak sekolah yang sedang menyeberang sungai.

Pastika meminta agar perangkat desa sering terjun ke lapangan untuk mengecek warganya. Sehingga segera diketahui bagaimana kondisi masyarakatnya. ”tidak ada jembatan, dan itu sudah bertahun-tahun. Kalau itu anak hanyut yang tanggung jawab siapa? Yang bertanggung jawab pertama adalah Prajuru Desa karena tidak peduli warganya,” ujarnya.

Dalam upaya membantu para siswa SD agar mudah menuju sekolah untuk belajar, Pastika memerintahkan jajarannya agar dibuatkan jembatan sementara dari kayu. Sambil menunggu bantuan dari Pemerintah Kabupaten Buleleng karena pembangunan jembatan penghubung dua desa tersebut merupakan kewenangan Pemerintah Kabupaten Buleleng.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image