Kabardewata.com

Sosial Budaya

Ada Pelinggih Pura Berbentuk Mobil VW di Bali

Kategori Sosial Budaya, August 08, 2015, Dilihat sebanyak 282 kali, Post oleh Rusadi Nata


Ada yang menarik di Nusa Penida, tepatnya di kawasan Pura Paluang yang bangunannya terbuat dari tanah kapur lengkap dengan gaya ukiran khas setempat. Setelah memasuki utama mandala yang merupakan bagian utama Pura, Anda bisa menyaksikan hal unik yang mampu menggelitik pikiran Anda, yaitu adanya pelinggih yang menyerupai mobil Volkswagen Beetle atau yang kerap disebut mobil kodok dan Jimny.

Pura Dengan Pelinggih Mobil

Pura Mobil dehangbalinuse

Dari ke 13 pelinggih yang ada di Pura Paluang, ada dua pelinggih berbentuk miniatur mobil Volkswagen Beetle dan Jimny. Kedua pelinggih itu menjadikan Pura Paluang sangat istimewa, sebab hanya pura ini sajalah yang memiliki pelinggih dengan bentuk mobil seperti itu. Bahkan di dunia ini tidak ada pura yang memiliki pelinggih mobil seperti Pura Paluang, jadi pelinggih ini merupakan satu-satunya di dunia.

Menurut cerita lisan yang beredar, kedua mobil tersebut sudah ada sejak jaman dahulu sebelum mobil belum diproduksi. Tidak ada prasasti terkait mengenai sejarah keberadaan Pura Paluang dan dua pelinggih mobil tersebut. Informasi yang bertahan sampai hari ini hanyalah berdasarkan cerita lisan para tetua sejak dahulu. Menurut penuturan, Pura dan pelinggih itu sudah ada sejak 300 tahun yang lalu. Padahal, berdasarkan sejarahnya, mobil Volkswagen Beetle yang berasal dari Jerman itu diproduksi  antara tahun 1938-2003.

 

Pura Paluan Nusa Penida

Pura Paluan Nusa Penida Ulinulin

Di dalam pelinggih mobil Jimmy terdapat dua arca lanang istri yang diyakini oleh masyarakat setempat sebagai manifestasi Ida Bhatara yang melinggih. Arca tersebut oleh masyarakat setempat disebut Ida Bhatara Ratu Gede Ngurah dan Hyang Mami.

Dari cerita lisan yang berkembang, warga setempat meyakini dahulu pada malam-malam tertentu sering terdengar deru mobil dan suara klakson dari arah Pura. Akan tetapi, suara itu hanya sepintas saja kemudian berlalu dengan cepat. Kurang lebih sekitar 50 tahun yang lalu, sebelum ada sepeda motor, ketika warga setempat berangkat ke pasar dengan berjalan kaki, kurang lebih Pukul 02.00 WITA terdengar suara deru mobil dan klakson dari arah Pura.

Saat ini, kedua mobil itu masih ada di Pura Paluang dan dihormati oleh warga sekitar sebagai rumah Ida Bhatara. Mobil Jimny memiliki plat DK 28703 itu maksudnya DK itu singkatan Dusun Karang Dawa. Selain itu, DK sendiri juga merupakan kode plat kendaraan untuk Bali, sedangkan nomernya 28703 itu berfungsi sebagai penanda tanggal selesai renovasi 28 Juli 2003. Sedangkan yang di VW Kodok, plat nomernya KD 013 yang menjadi penanda Karang Dawa 2013.

Pura Paluang sering dikunjungi oleh wisatawan asing yang penasaran dengan adanya pelinggih mobil. Turis-turis itu kebanyakan berasal dari Spanyol, Perancis, Inggris, Australia, dan lain-lain. Pura Paluang di Pulau Nusa Penida ini beralamat lengkap di Dusun Karang Dawa, Pulau Nusa Penida, Bali.


Sumber: panduanwisata

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image