Kabardewata.com

Berita Utama

Program Layanan Keuangan Digital Enam Koperasi di Bali Resmi Jadi Mitra

Kategori Berita Utama, March 16, 2016, Dilihat sebanyak 161 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Enam koperasi di Bali resmi menjadi mitra Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk program Layanan Keuangan Digital (LKD). Keenam koperasi itu dianggap layak menjadi pionir, karena sebelumnya telah lolos dalam tahap verifikasi.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Bali, Dewa Nyoman Patra kepada wartawan, di Gedung Bank Indonesia perwakilan Bali-Nusra, mengatakan, masih ada 4 koperasi lagi yang masuk dalam nominasi mitra LKD, dan kini masih diverifikasi oleh BRI. Keberadaan koperasi sebagai mitra LKD itu, diyakini membantu pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam mendapatkan akses layanan keuangan. 

"Selama ini minat pelaku UKM untuk memanfaatkan layanan keuangan sangat besar. Namun karena terbentur waktu dan pemahaman, pelaku UKM acap kali mengurungkan niatnya untuk memanfaatkan layanan itu, karena harus menyempatkan waktu datang ke Bank," katanya. 

Dengan munculnya Koperasi sebagai mitra LKD, menurut Dewa Patra, otomatis akan memberikan akses keuangan yang luas dan fleksibel bagi para pelaku UKM. 

"Para pelaku UKM dapat memanfaatkan layanan ini, khususnya untuk BRILink. Mereka bisa melakukan aktivitas yang berkaitan dengan layanan keuangan, seperti membayar listrik, telepon, sampai membeli pulsa isi ulang untuk telepon genggamnya," ucap Dewa Patra.

Meski memiliki banyak manfaat, akan tetapi Dewa Patra mengaku, akan terus mengevaluasi kemajuan kerjasama tersebut. Sampai akhir tahun, pihaknya menargetkan setidaknya 20 persen dari total 4.907 koperasi di Bali menjadi mitra BRILink. 

"Setelah berjalan setahun akan kita himpun pengalaman mereka. Itu juga dapat mensugesti pengurus koperasi lainnya, dengan catatan kemitraan itu berjalan positif dan menguntungkan keduabelah pihak baik koperasi maupun perbankkan penyedia layanan keuangan nirkantor. Seperti simbiosis mutualisme lah," tambahnya


Sumber: Redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image