Taktik Pengembangan Pariwisata Bali

Kategori Pariwisata, July 05, 2018, Dilihat sebanyak 179 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Dua travel blogger Indonesia, Trinity Traveler dan Gemala Hanafiah, menyebut masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan baik oleh pemerintah dan masyarakat untuk mensukseskan program Bali Baru.

Gemala menyebut Bali sulit tergantikan karena Bali merupakan tempat wisata terlengkap dengan sumber daya manusia yang paling siap. Sama halnya Trinity menilai, “Bali sudah lama menjadi pusat destinasi wisata, orang-orang dan budayanya pun berbeda. Mereka sudah sadar wisata, fasilitasnya sudah bagus. Aksesnya mudah. Bisa pergi kapan saja, pesawat banyak, meskipun sudah ramai dan dibilang terlalu touristy, tetap saja kita ingin kembali lagi ke Bali,” urai Trinity yang baru meluncurkan buku 69 Cara Traveling Gratis.
Pariwisata adalah tugas bersama, bukan hanya pemerintah maupun swasta. Untuk menyukseskan program Bali Baru,  masyarakat perlu diedukasi tentang pentingnya penggalakan pariwisata.

“Perlu ada edukasi untuk membuat turis nyaman. Tidak hanya ke orang asing, tapi juga ke turis lokal. Enggak usah ke orang asing, saya saja kalau jalan-jalan di Indonesia harganya suka ‘digetok’ mahal. Lalu perlu juga adanya edukasi soal servis (ke wisatawan). Ini masih menjadi hal yang sulit. 
Memang orang Indonesia ramah, tapi untuk standar pelayanan  di hotel misalnya, masih banyak yang kurang memadai. Hotel berbintang tiga di Bali dibanding hotel bintang empat atau lima di tempat lain itu servisnya jauh berbeda.

“Selain itu dibutuhkan juga infrastruktur yang baik dan memadai, misalnya bandara, akses jalan, dan transportasi supaya lebih mudah dijangkau,” papar Trinity panjang lebar.
Trinity menyumbang saran, seharusnya daerah-daerah wisata lain melakukan promosi pariwisata di Bali, sehingga turis yang sudah ada di Bali bisa tertarik ke daerah lain yang dipromosikan. Hal ini akan berhasil jika didukung  transportasi  memadai.
“Yang mungkin bisa dilakukan untuk mendongkrak Bali Baru, membuat jalur penerbangan dari Bali ke daerah-daerah tersebut. Biarkan Bali menjadi pintu gerbang menuju daerah wisata lain di Indonesia. Jadi turis yang umumnya tujuan pertamanya ke Bali, setelah itu bisa menuju daerah lain. Itu lebih nyaman buat mereka,” pungkas Trinity


Sumber: tabloidbintang.com

Like & Share berita ini

loading...

Tulis komentar anda.


You can use the following HTML tags: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>


CAPTCHA Image
Reload Image


KOMENTAR
HEADLINES POPULER BISNIS BALI


POST pariwisata LAINNYA